Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Kamis, 01 Desember 2022 | 09:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sistem antarmuka MIUI 14 diklaim akan menggunkan memori lebih kecil, bahkan bisa berjalan dengan ringan tanpa memakan banyak memori HP Xiaomi nantinya.

Kabar soal MIUI 14 ini makin santer bermunculan jelang rencana peluncurannya yang sudah dijadwalkan Xiaomi pada 1 Desember 2022.

Sayangnya rencana peluncuran MIUI 14 yang bersamaan dengan Xiaomi 13 tersebut dikabarkan mengalami penundaan seperti diawartakan Suara.com.

Meski begitu, kabar terabru dan teaser dari antarmuka MIUI 14 ini tetaplah bertebaran. Termasuk beberapa teaser yang akan dihadirkan Xiaomi pada MIUI 14 nantinya.

Beberapa hari lalu, Xiaomi meluncurkan program akses awal untuk MIUI 14. Hal ini memungkinkan beberapa orang mendapatkan kesempatan lebih dulu menjajal upadte MIUI 14.

Beberapa orang telah berpartisipasi dalam inisiatif ini akan mendapat kesempatan untuk mencoba perangkat lunak baru di hadapan masyarakat umum.

Project Razor MIUI 14 Lebih Ringan

MIUI 14. (Xioami via xiaomiui)

Paling baru kini Xiaomi mengungkapkan beberapa fitur dari perangkat lunak tersebut. Juga terungkap bahwa iterasi baru MIUI diberi nama kode 'Project Razor'.

Xiaomi mengatakan bahwa MIUI 14 bertujuan untuk menawarkan 'firmware minimum, penggunaan memori minimum, dan aplikasi minimum yang tidak dapat diinstal.'

Kepala MIUI telah menggoda ini sebelumnya dengan mengatakan bahwa MIUI 14 akan menjadi 'sistem ponsel andalan yang paling ramping dan ringan. '

Perusahaan mengungkapkan bahwa firmware MIUI 14 akan mengonsumsi lebih sedikit penyimpanan atau memori. Tepatnya, ukuran memorinya telah berkurang 23 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Selanjutnya, MIUI 14 akan mengalokasikan memori secara efisien. Ini akan melepaskan proses self-starting yang tidak penting dari memori boot sebanyak mungkin.

Dilansir laman Gizmochina, Kamis (1/12/2022), perangkat lunak baru Xiaomi ini juga akan secara ketat mengontrol penggunaan memori aplikasi dan layanan sistem. Mudah-mudahan, ini tidak memblokir notifikasi dari aplikasi.

Terakhir, MIUI 14 akan memungkinkan pengguna untuk menghapus lebih banyak aplikasi sistem daripada sebelumnya.

Selain dialer, kontak, pesan, pengaturan, browser, kamera, pengelola file, dan toko aplikasi, pengguna akan dapat menghapus semua aplikasi sistem lainnya.

 Itula laporan terkini dari update MIUI 14 yang telah disiapkan Xiaomi. Kita nantikan saja sampai resmi meluncur secara global ke HP Xiaomi nantinya. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

POCO X3 NFC Dapatkan Update MIUI 14, Tapi Belum Android 13