Senin, 30 Januari 2023
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 01 Desember 2022 | 15:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah penantian panjang, akhirnya pengguna WhatsApp dapat memiliki satu akun untuk dua HP.

Hal ini bisa dilakukan walau sedikit rumit pada awalnya, tetapi dijamin berhasil.

Dilansir dari Android Authority, WhatsApp baru saja mulai meluncurkan (dalam versi beta) opsi untuk menautkan akun kamu yang ada ke tablet Android.

Jika kamu memiliki versi 2.22.25.8 beta di ponsel dan tablet Android kamu, kamu harus mendapatkan opsi untuk memindai kode QR pada versi tablet aplikasi saat kamu mulai menyiapkannya.

Pada dasarnya, ini adalah hal yang sama dengan menggunakan WhatsApp di Windows atau Mac sekarang.

Ponsel kamu tetap menjadi perangkat utama, tetapi perangkat sekunder kamu sedikit independen dan dapat berfungsi meskipun ponsel utama sedang offline.

Proses tablet Android baru ini juga berfungsi di ponsel, tetapi kamu harus mengelabui WhatsApp secara singkat agar mengira ponsel kedua kamu adalah tablet.

Berikut adalah cara agar satu akun WhatsApp bisa dipakai di dua HP:

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Langkah 1: Pastikan ponsel utama kamu telah menginstal WhatsApp v2.22.25.8 beta, masuk, dan berfungsi. Jika kamu menjalankan aplikasi versi lama, kamu dapat mengambil file APK dari APKMirror. (Ini adalah sumber tepercaya, jangan khawatir tentang malware.)

Langkah 2: Di ponsel kedua kamu, kamu mulai dengan mengaktifkan Developer Options di pengaturan utama Android. (Buka Pengaturan > Tentang telepon dan ketuk beberapa kali pada Nomor build hingga kamu melihat pop-up yang mengatakan kamu sekarang adalah pengembang.)

Langkah 3: Tetap di telepon kedua. Buka Settings > System > Developer options > Smallest width. Kamu dapat menggunakan opsi pencarian jika kamu tidak menemukannya. Catat nomor saat ini (kamu akan membutuhkannya untuk dikembalikan nanti), lalu ubah menjadi 600. Ini akan mengubah antarmuka ponsel kamu menjadi antarmuka tablet. Font dan ikon akan lebih kecil, tetapi kita akan kembali ke ukuran biasa, jangan khawatir. Di Pixel 6 Pro saya, yang menjalankan Android 13, saya mendapatkan bilah tugas di bagian bawah misalnya. Hal-hal yang menyenangkan.

Langkah 4: Sekarang instal WhatsApp v2.22.25.8 di ponsel kedua ini. Sekali lagi, kamu dapat melakukan ini dari Play Store jika kamu terdaftar dalam versi beta atau kamu dapat secara manual mengambil APK yang sama dari APKMirror.

Langkah 5: Buka WhatsApp, pilih bahasa, ketuk Setuju dan lanjutkan, dan kamu akan melihat Tautan dengan layar ponsel kamu dengan kode QR unik kamu. (Jika kamu melihat halaman di mana kamu diminta untuk masuk dengan nomor telepon, itu berarti ponsel kamu tidak tertipu untuk "menjadi" tablet. Coba angka yang lebih tinggi untuk pengaturan Lebar terkecil. Tetapi 600 harus melakukannya, secara teori.)

Langkah 6: Kembali ke ponsel utama kamu sekarang. Buka WhatsApp, ketuk tombol overflow di kanan atas, lalu Perangkat yang ditautkan > Tautkan perangkat. Ini akan memunculkan pemindai kode QR, jadi pindai kode yang ditampilkan di ponsel kedua. Dan ta-da. Telepon kedua kamu harus memuat ulang WhatsApp dengan akun yang sama dengan perangkat utama kamu.

Langkah 7: Jika kamu tidak menyukai antarmuka tablet dan font kecil di ponsel kedua kamu, kamu dapat mengulangi Langkah 3 dan kembali ke aslinya Pengaturan lebar terkecil. WhatsApp akan tetap ditautkan ke akun kamu.

Dan itu dia. kamu akan mendapatkan pesan, panggilan, dan pada dasarnya semua yang ada di kedua perangkat.

Kamu juga dapat memulai obrolan dan panggilan di keduanya. Jika kamu membaca pesan di satu, itu akan ditandai sebagai dibaca di yang lain, dan seterusnya.

Namun, ponsel pertama kamu tetap menjadi yang utama dan memegang kendali. Ponsel inilah yang dapat memutuskan tautan perangkat kedua jika diperlukan.

BACA SELANJUTNYA

WhatsApp Siapkan Fitur Baru, Ubah Gaya Font dan Latar Belakang Teks