Rabu, 01 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 04 Desember 2022 | 12:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kasus HP terbakar bahkan meledak memang jamak ditemui, dan perlu diketahui bahwa hal ini terkadang bisa memicu masalah besar.

Seperti yang terlihat pada unggahan akun Instagram @igtainmenttt, Minggu (4/12/2022), di mana terlihat sebuah ponsel berwarna pink (atau rose gold), yang mengeluarkan asap saat tergeletak di meja.

Berdasarkan petunjuk visual, diduga smartphone ini berjenis Xiaomi Mi A1.

Pengunggah video tersebut mengatakan bahwa meledaknya HP ini membuat rumah nyaris kebakaran.

"Malam-malam rumah hampir kebakaran, HP tiba-tiba terbakar, asapnya banyak sekali," tulisnya pada unggahan video tersebut.

"Ya Allah sumpah ngeri, rasanya bersyukur masih dilindungi, asapnya sudah agak reda baru saya berani merekam, sebelumnya asap pekat mengepul di kamar, teman-teman harap hati-hati sama perangkat elektronik," pungkasnya.

USB C atau USB type-C. (Pixabay)

Dikutip dari Eraspace, ternyata ini kemungkinan sebab HP meledak atau terbakar yang bisa dicegah.

Sebab tersebut antara lain penggunaan charger yang tidak original atau tidak sesuai peruntukannya. Hal ini menyebabkan suhu baterai meningkat dan bisa memicu HP terbakar.

Selain itu, kondisi HP yang tertutup sehingga membuat suhu saat pengecasan makin tinggi, hal serupa bisa terjadi jika smartphone tetap dipakai saat di-charge.

Garis besarnya adalah pastikan ponsel kesayangan kamu tetap dalam suhu dingin atau normal saat melakukan pengecasan, jika suhu naik hingga pada kadar tak normal, segera cabut ponsel dari chargernya.

Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)

Selain itu, sinsinyur kelistrikan dan menjabat sebagai direktur keselamatan konsumen di UL (Underwriters Laboratories), John Drengenberg mengatakan bahwa asap dari baterai lithium ion berbahaya.

Ia mengatakan bahwa asap tersebut beracun, dan jika ada orang yang sedang hamil atau anak-anak dan juga lansia, mereka wajib untuk menghindar dari menghirup asap tersebut.

Dregenberg mengatakan bahwa jika ada HP terbakar, maka pantang untuk disiram dengan air.

Alih-alih demikian, ia menyarankan untuk mengubur atau menabur banyak pasir/tanah pada gadget yang terbakar.

BACA SELANJUTNYA

7 Tips dan Trik untuk Merawat dan Memperpanjang Umur Baterai Ponsel