Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 04 Desember 2022 | 15:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.

Tujuan adanya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan cepat dan akurat. Ada beberapa jenis jaringan komputer yang sekarang ini digunakan.

Jenis jaringan komputer ini dikelompokan menjadi 5 kelompok. Berikut jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Instalasi fiber optik. (Surge)

Berdasarkan Jangkauan Geografis

• LAN (Local Area Network)

Jenis jaringan komputer salah satunya adalah Local Area Network, disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja, biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

• MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network disingkat MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.

• WAN (Wide Area Network)

Jenis jaringan komputer yang terakhir adalah Wide Area Network atau yang biasanya disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua, media transmisi yang digunakan dalam jaringan WAN merupakan kabel bawah laut dan satelit.

Berdasarkan Media Transmisi Data

• Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network adalah jenis jaringan komputer yang memakai kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer agar dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

• Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak memakai kabel sebagai medium transmisinya. Pertukaran informasi atau data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

Berdasarkan Distribusi Sumber Data/Informasi

• Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat adalah jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang akan menyimpan semua data-data serta program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri punya fungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk.

• Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi adalah jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Bedanya dengan jaringan terpusat adalah pada jaringan terdistribusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat.

Berdasarkan Peranan dan Hubungannya

• Jaringan Client-Server

Jaringan Client-Server terdiri dari satu atau lebih komputer yang berperan sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Komputer server punya fungsi sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server.

• Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan Peer to Peer, masing-masing komputer, entah itu berupa komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Komputer server bisa jadi komputer client, dan begitu pula sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Anime Season 2 Bikin Penasaran, Berikut adalah Sinopsis dari Chainsaw Man