Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 06 Desember 2022 | 19:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa itu ChatGPT OpenAI, sebuah layanan chatbot yang mendadak viral dan mendapatkan 1 juta pengguna dalam waktu singkat? Apakah keistimewaat chatbot ini hingga mencuri perhatian seramai itu?

Dikutip dari Suara.com, ChatGPT OpenAI mendadak viral beberapa hari terakhir. Layanan yang dalam minggu pertama peluncurannya ini sampai mendapatkan 1 juta pengguna saking populernya.

Sebagai diketahui, ChatGPT OpenAI adalah layanan platform chatbot berbasis AI atau kecedasan buatan. Sehingga pengguna akan melakukan chatting dengan bot atau robot.

CEO OpenAI Sam Altman mengkonfirmasi kalau ChatGPT ini sudah tersedia diuji ke publik sejak Rabu lalu. Bahkan ia juga berencana untuk membuat layanannya menjadi berbayar.

"Harus memonetisasinya, entah bagaimana, di beberapa titik. Biaya komputasi untuk menjalankan ini menggiurkan," kata dia, dilansir dari Indian Express, Selasa (6/12/2022).

CEO Twitter Elon Musk juga menanyakan ke Altman terkait berapa biaya rata-rata per chat untuk OpenAI. Altman menjawab kalau kemungkinannya bisa satu digit sen per satu kali chat.

Menariknya, Elon Musk juga mengunggah tweet tentang bagaimana database Twitter digunakan untuk pelatihan oleh OpenAI dan dia telah menghentikannya untuk saat ini.

Ilustrasi chat. (pixabay/afra32)

Menurutnya, OpenAI dulunya adalah perusahaan open-source dan nirlaba yang kini telah berubah. Dia juga masih perlu memahami lebih banyak tentang struktur tata kelola dan rencana pendapatan ke depan.

Kendati demikian ChatGPT ini masih belum sempurna karena masih memberikan jawaban yang mengarah ke rasis dan seksis.

Tetapi Altman menyarankan ke pengguna untuk menolak balasan platform yang sekiranya menyinggung demi membantu peningkatan AI.

Apa itu ChatGPT OpenAI dan Bagaimana Cara Daftarnya?

ChatGPT adalah chatbot yang dimiliki OpenAI dan dapat melakukan percakapan dua arah layaknya manusia.

Banyak yang mengatakan kalau ChatGPU memiliki kemampuan untuk menulis email harian, artikel, kode, panduan, cara kerja, hingga esai kuliah.

Pengguna hanya perlu login ke https://chat.openai.com/auth/login untuk menikmati percakapan dengan chatbot tersebut.

ChatGPT. [Indianexpress]

Tapi beberapa pengguna mungkin masih ada yang belum bisa mendaftar. Sebab situs kerap kali menampilkan deskripsi kalau server mereka penuh.

Jika berhasil masuk, kalian bisa melihat tampilan antarmuka (UI) chatbot. Pengguna hanya tinggal perlu mengetik apa yang mau ditanyakan ke bot tersebut.

Awalnya bot itu hanya menjawab dalam bahasa Inggris. Tetapi tulisannya bisa berubah ke bahasa Indonesia saat diketik 'Text in Indonesian please'.

Tab 'Capabilities' menyebutkan kalau chatbot ini dapat mengingat apa yang dikatakan pengguna sebelumnya dalam percakapan.

Pengguna juga memberikan koreksi jika sekiranya tidak sesuai dengan mengklik tombol jempol ke atas atau bawah.

Namun saat kami coba, chatbot ini hanya kadang belum bisa menjawab beberapa pertanyaan. Deskripsi menjelaskan kalau chatbot itu hanya memiliki informasi atau konten soal dunia atau peristiwa hingga 2021.

Menurut OpenAI, platform ini dilatih menggunakan Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF) dan mirip dengan model sebelumnya yang mereka buat bernama InstructGPT.

Itulah penjelasan apa itu ChatGPT OpenAI yang sempat viral. Kita nantikan saja perkembangan layanan chatbot ini, apakah bisa melakukan monetisasi? (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

AI Chatbot akan Hadir di Instagram, Fitur Apa yang Ditawarkan?