Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 07 Desember 2022 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara membuat tanking di Microsoft Excel ini berguna untuk kamu yang sering berurusan dengan data-data spreadsheet. Atau seperti guru yang ingin membuat rangkin nilai muridnya. 

Cari tahu bagaimana cara membuat rangking di Microsoft Excel ini sebenarnya cukup mudah. Ikuti tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Dengan menggunakan teknik otomatis di Microsoft Excel ini maka banyak waktu yang lebih bermanfaat untuk hal lain dan tidak perlu harus membuang waktu lama dalam membuat ranking.

Dalam pembuatan ranking biasanya terdapat kumpulan nilai dari mata pelajaran dari siswa, dan setiap nilai tersebut akan dijumlahkan secara keseluruhan.

Setelah semua nilai dijumlahkan maka setiap siswa akan mendapatkan nilai total dari semua mata pelajaran, selanjutnya diperlukan rumus untuk merangking dari semua total nilai yang siswa dapatkan.

Lalu bagiamana cara membuat rangking dengan mudah memakai Microsoft Excel ini? Ikuti tutorial Microsoft Excel yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Cara Membuat Ranking pakai Microsoft Excel

Microsoft Excel. (Microsoft)

Ketahui bagaimana cara membuat rangking dengan mudah memakai Microsoft Excel ini. Untuk langkah-langkah membuat ranking bisa ikuti cara berikut ini.

  • Langkah 1 : Siapkan data nilai mata pelajaran siswa
  • Langkah 2 : Jumlahkan data nilai siswa menggunakan fungsi =SUM, Sebagai contoh : Data siswa dimulai dari kolom C sampai dengan kolom I
  • Langkah 3 : Pada Cell K5 silahkan masukkan rumus =RANK(J5,J$5:J$14) kemudian tekan tab enter untuk mendapatkan hasilnya
  • Langkah 4 : Jangan lupa untuk menambahkan simbol $ sebelum angka, tujuannya agar nilainya tidak berubah ketika disalin ke Cell yang lain
  • Langkah 5 : Jika cara diatas gagal maka ganti tanda koma “,” setelah J5 menjadi tanda titik koma “;” karena biasanya setiap excel berbeda-beda.
  • Langkah 6 : Langkah terakhir silahkan Cell K5 disalin ke Cell K6 sampai dengan Cell K14, dengan cara tekan CTRL+C pada cell K5 selanjutnya CTRL+V pada cell K6 sampai K14.
    Selesai

Penjelasan:

  • =RANK adalah fungsi untuk membuat ranking atau peringkat
  • J5 adalah posisi yang diberikan peringkat
  • J$5:J$14 adalah seluruh nilai siswa

Itulah tadi tentang cara membuat ranking otomatis di excel, semoga dapat membantu dan memudahkan dalam melakukan pekerjaanmu yang setiap harinya sebagai guru.

Dengan beberapa langkah singkat ini kamu bisa dengan mudah melakukan sebuah urutan untuk peringkat dari setiap nilai variabel yang banyak dan menjadikannya nilai rata-rata yang kemudian diurutkan sesuai peringkatnya.

Mudah bukan cara membuat tanking di Microsoft Excel di atas? Selamat mencoba tutorial Microsoft Excel tersebut. 

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat dan Memasukkan Tanda Tangan di Word