Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 02 Februari 2023 | 18:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jepang mengumumkan sanksi tambahan terkait Ukraina terhadap Rusia pada hari Jumat (27/1/2023), melarang ekspor produk teknologi dan membekukan aset milik pejabat, pengusaha, dan perusahaan dari negara itu.

Babak baru hukuman menargetkan 36 individu dan 52 organisasi di Rusia. Tokyo akan melarang pengiriman barang yang terikat dengan Rusia yang dapat digunakan "untuk meningkatkan kemampuan militer" ke 49 organisasi.

Dilansir dari Russia Today, larangan ekspor oleh perusahaan Jepang meluas ke berbagai produk teknologi seperti peralatan dan komponen semikonduktor, robot, generator listrik, bahan peledak, dan vaksin, serta peralatan inspeksi sinar-X dan peralatan eksplorasi gas, kata kementerian perdagangan negara itu.

"Mengingat situasi di sekitar Ukraina dan untuk berkontribusi pada upaya internasional untuk mengamankan perdamaian, Jepang akan menerapkan larangan ekspor sejalan dengan negara-negara besar lainnya," kata Kementerian Perdagangan dan Industri Ekonomi dalam sebuah rilis.

Sebagai bagian dari sanksi, Jepang akan membekukan aset 22 orang termasuk Menteri Kehakiman Konstantin Chuychenko, Wakil Menteri Pertahanan Mikhail Mizintsev, dan tiga entitas termasuk produsen pesawat JSC Irkut Corp dan produsen rudal Avangard Machine Building Plant. Pembatasan akan mulai berlaku pada 3 Februari.

Langkah itu dilakukan ketika Jepang mengetuai Kelompok Tujuh (G7) negara-negara industri dan bergegas untuk memperkuat tekanan terhadap Moskow di lockstep dengan sekutu Baratnya.

Sehari sebelumnya, AS memperluas sanksi yang menargetkan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Rusia Denis Manturov, bersama dengan kepala Tatarstan Rustam Minnikhanov, dan jutawan telekomunikasi Sergey Adonyev.

AS juga menjatuhkan sanksi terhadap struktur bisnis yang terkait dengan miliarder Rusia Vladimir Potanin, yang merupakan pemegang saham utama di produsen nikel global, Norilsk Nickel.

BACA SELANJUTNYA

5 Artis Indonesia yang Ternyata Wibu, Nomor 4 Banyak yang Nggak Percaya