Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 05 Februari 2023 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pembatasan perdagangan pada industri microchip China bisa berbahaya bagi ekonomi global, kata Kepala Ekonom Dana Moneter Internasional (IMF) dan Direktur Departemen Riset Pierre-Olivier Gourinchas selama konferensi pers.

"Analisis kami menunjukkan bahwa sanksi seperti ini akan menjadi sesuatu yang berpotensi berbahaya bagi ekonomi global," kata Gourinchas dilansir dari Sputnik News, ketika ditanya tentang dampak Jepang dan Belanda yang setuju untuk mengadopsi kontrol ekspor AS tertentu pada industri pembuatan chip China.

Gournichas menambahkan bahwa IMF sedang melihat perkembangan ini di sektor semikonduktor dan mencoba memahami implikasinya terhadap ekonomi global.

Pejabat IMF itu menekankan kembali bahwa analisis awal mereka menunjukkan bahwa langkah Amerika Serikat dan sekutunya tidak akan selalu mengarah pada pertumbuhan yang lebih kuat.

Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan dengan Jepang dan Belanda untuk membatasi akses Tiongkok ke teknologi pembuatan chip semikonduktor canggih mereka, demikian menurut laporan media.

Beberapa perusahaan utama di Jepang dan Belanda, sebagai bagian dari perjanjian, akan menerapkan beberapa langkah pengendalian ekspor AS yang diadopsi Amerika Serikat pada bulan Oktober.

Perjanjian baru itu akan membatasi akses Tiongkok ke teknologi semikonduktor dari perusahaan Belanda ASML dan perusahaan Jepang Nikon Corp dan Tokyo Electron Ltd., demikian yang dilaporkan media.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan bahwa tidak jelas apakah Belanda akan mengungkapkan rincian tentang perjanjian tersebut.

Pada bulan Oktober, pemerintahan Biden memperluas kontrol pada ekspor teknologi semikonduktor AS ke China untuk membatasi kemampuan Beijing untuk membuat microchip kelas atas tertentu yang digunakan dalam aplikasi militer.

Beijing membawa masalah ini ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), mengajukan gugatan yang menantang kontrol ekspor AS.

BACA SELANJUTNYA

Asus Bawa ROG Ally ke Jepang, Kini Sudah Open PO