Kamis, 18 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 07 Maret 2023 | 13:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perang Teknologi AS-China yang sedang berlangsung telah memberikan banyak tekanan pada industri semikonduktor China. Terkait hal ini, Beijing berusaha menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dilansir dari Gizmochina, pekan lalu Wakil Perdana Menteri China Liu He mengatakan bahwa untuk menyelesaikan krisis semikonduktor yang sedang berlangsung, China harus mempertahankan pendekatan "seluruh bangsa" untuk industri semikonduktornya dan memanfaatkan kekuatan negara dan pasar untuk pertumbuhan.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa industri semikonduktor adalah penghubung inti dari sistem industri modern dan penting bagi keamanan nasional dan kemajuan modernisasi gaya Cina.

Liu juga menyoroti dukungan Presiden Xi Jinping dengan mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal Xi telah sangat mementingkan pengembangan industri sirkuit terpadu, dan telah berulang kali membuat instruksi tertulis dan lisan tentang masalah tersebut. Wakil Perdana membuat komentar ini pada pertemuan delegasi di Beijing.

Ilustrasi chip memori. (Gizmochina)

Berfokus pada pendekatan Whole Nation, Liu mengatakan bahwa pemerintah mendukung industri semikonduktor dan akan menetapkan tujuan pengembangan praktis bagi seluruh industri untuk menyelesaikan masalah sanksi AS yang sedang berlangsung terhadap semikonduktor. Pemerintah berencana menggunakan pendekatan Whole Nation untuk mendukung dan memandu industri teknologi terutama ketika mekanisme pasar gagal.

Selain bahan baku dan mesin, China menghadapi kekurangan talenta pengembang semikonduktor karena sanksi AS melarang ekspor semikonduktor, teknologi terkait, dan bahkan personel terkait ke China dan perusahaan China. Untuk mengatasi masalah kekurangan bakat, pemerintah telah merancang rencana 'Perlakuan Nasional yang Setara' untuk para ahli semikonduktor asing.

Dalam pidatonya, Liu mengatakan bahwa China sudah memiliki rantai pasokan semikonduktor yang kuat dan pasar konsumsi chip yang besar yang merupakan sumber daya paling berharga bagi negara dan keuntungan strategis untuk mempromosikan industri semikonduktor.

BACA SELANJUTNYA

Giliran Perusahaan Teknologi AS Balik Diblacklist China, Amerika Malah Mengeluh