Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 10 Maret 2023 | 08:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat membuat heboh media sosial, kasus video Virtex yang bisa membuat HP error. Bagaimana sebuah video bisa bikin HP error usai dikirim lewat WhatsApp (WA).

Apa itu virtex dan video apa yang bisa membuat HP error setelah menjalankannya? Semua berasal dari pengakuan netizen di postingan akun Twitter @tanyakanrl.

Dalam postingan tersebut seorang netizen menyampaikan kalau HP Android yang digunakannya tiba-tiba ngelag berjam-jam usai memutar sebuah video rekaman CCTV.

Lantas netizen pun menyebut rekaman CCTV tersebut sebagai video Bjorka atau video vitex WA. Ada juga yang menyebutnya sebagai virus virtex.

Video Virtex WA ini juga beredar melalui aplikasi chat dan media sosial. Dan makin banyak yang mengaku HP error gegara video Bjorka tersebut.

Namun kenapa video ini bikin HP error jika diputar? Apa itu video virtex yang beredar melalui WhatsApp tersebut.

Video Virtex WA bikin HP error. (Twitter)

Penjelasan

Pakar keamanan siber Vaksin.com, Alfons Tanujaya meyakini video tersebut adalah virtex. Namun disampaikannya kalau video tersebut bukan virus.

Virtex adalah virtual text bukanlah virus text menurut Alfons menjelaskan soal video yang bisa bikin HP error tersebut.

"Virtex adalah virtual text, sejenis coding yang sengaja dirancang untuk membuat aplikasi WhatsApp hang karena tidak mampu menangani coding yang dikirim melalui WhatsApp," jelas Alfons.

Dijelaskannya kalau video virtex WA ini bukan virus, melainkan murni video yang memang dirancang menyebabkan lag pada HP yang punya keterbatasan spesifikasi.

Menurut pakar keamanan siber ini, virtex bisa diselipkan ke berbagai macam media di WhatsApp tidak terbatas video saja.

Seperti emoji, gambar, video, teks berbahasa arab, hingga shareloc yang bisa membuat HP error dalam sekejap.

Itulah penjelasan kenapa sebuah video bisa membuat HP error. Karena itu berhati-hati jika menerima video kiriman melalui WhatsApp.

Pastikan bukan rekaman CCTV seperti video virtex WA di atas. Jika mendapati video ini, sebaiknya dihapus dari HP Android kamu.

BACA SELANJUTNYA

Fitur Baru WhatsApp: Bisa Bisukan Penelepon Tidak Dikenal dan Pemeriksaan Privasi