Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 15 Mei 2023 | 10:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memutar teks di Microsoft Word. Tidak susah kok, ikuti salah satu cara memutar teks di Microsoft Word

Tim HiTekno.com sendiri telah mernangkum tutorial Microsoft Word yang bisa kamu ikuti untuk memutar teks dengan mudah.

Word telah memberikan kamu banyak kemudahan dalam menjalankan data tertulis kamu, salah satunya adalah cara memutar teks di Word.

Jika kamu menulis dokumen di Microsoft Word dan ingin sedikit berkreasi dengan tampilannya, maka kamu mungkin berpikir untuk merotasi beberapa teks.

Kamu mungkin ingin mengubah teks menjadi sedikit miring atau memutarnya 90 atau bahkan 180 derajat penuh.

Tenang saja, cara untuk melakukan hal ini sangatlah mudah. Bahkan, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memutar teks di Microsoft Word.

Kenapa perlu memutar teks?

Ada banyak alasan mengapa seseorang perlu memutar teks di Microsoft Word. Tapi hal utama yang biasanya jadi alasan adalah untuk mempercantik tampilan.

Misalnya saja jika kamu sedang membuat kartu nama di Microsoft Word dan ingin penampilannya estetik.

Untuk beberapa kalimat atau kata, kamu sebaiknya meletakkannya miring agar menambah keindahannya.

Ragam Cara memutar teks di Microsoft Word:

1. Melalui Kotak Teks

Kotak teks memudahkan untuk mengubah arah teks dalam kata. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat kotak teks, menambahkan beberapa teks, dan memutuskan cara memutar kotak teks.

Untuk membuat kotak teks, pilih Sisipkan > Kotak Teks dan pilih salah satu desain bawaan. Untuk menambahkan teks, pilih kotak teks dan mulailah mengetik.

Setelah itu, klik kotak teks tersebut dan di atasnya kamu akan menemukan tombol rotate, klik saja tombol tersebut dan sesuaikan seberapa kamu ingin memutar teks Ms. Word kamu.

2. Menggunakan menu Rotate

  • Di Word untuk PC : Pilih kotak teks, pilih Layout > Rotate kemudian pilih Rotate Right 90° atau Rotate Left 90°.
  • Di Word untuk Mac : Klik kotak teks, klik Format Bentuk > Susun > Putar >  Putar , lalu pilih Putar ke Kanan 90° atau Putar ke Kiri 90°.

Sementara untuk mengatur sudut rotasi khusus, kamu bisa melakukan langkah di bawah ini.

  • Di Word untuk PC : Pilih kotak teks, pilih Tata Letak > Putar, lalu pilih Opsi Rotasi Lainnya. Dari tab Ukuran, ubah sudut rotasi ke sudut yang kamu butuhkan.
  • Di Word untuk Mac : Klik kotak teks, klik Format Bentuk > Susun > Putar >  Putar , dan klik Opsi Rotasi Lainnya. Dari tab Ukuran, ubah sudut rotasi agar teks mengarah seperti yang kamu perlukan.

3. Memutar teks yang ada dalam tabel

  • Bikin tabel dengan cara klik Sisipkan > Tabel dan pilih ukuran tabel.
  • Untuk mengubah teks, pilih sel yang ingin kamu ubah.
  • Klik Tata Letak Alat Tabel > Arah Teks. Teks akan berputar ke kanan. Pilih Text Direction lagi untuk memutar teks 90 derajat lagi.
  • Untuk mengubah perataan teks, pilih opsi Perataan untuk mengubah tampilan teks dalam sel. Anda dapat meratakan teks ke tengah, ke kiri, ke kanan, ke bawah, atau ke atas.

Itulah cara memutar teks di Microsoft Word dengan mudah. Manfaatkan tutorial Microsoft Word di atas dengan baik.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Cara Ngeprint Dokumen Bolak-balik di Microsoft Word