Kamis, 20 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 15 Mei 2023 | 14:04 WIB

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara menggunakan Google Bard untuk berbagai keperluan. Bagaimana memanfaatkan teknologi chatbot yang disebut-sebut sebagai pesaing ChatGPT.

Google Bard hadir untuk bersaing dengan ChatGPT dan fitur chat AI Bing. Per 10 Mei 2023, Google Bard tidak lagi memiliki daftar tunggu dan tersedia di lebih dari 180 negara di seluruh dunia, tidak hanya di AS dan Inggris.

Untuk memperluas jangkauannya, Bard kini tersedia dalam bahasa Jepang dan Korea, dengan rencana untuk mendukung lebih dari 40 bahasa dalam waktu dekat.

Versi terbaru Bard sekarang diberdayakan oleh Google PaLM 2, model bahasa besar terbarunya, yang memungkinkan chatbot untuk meningkat di beberapa bidang, seperti kemampuan pengkodean, matematika tingkat lanjut, dan keterampilan penalaran.

Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Berikut cara menggunakan Google Bard yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Mendapatkan Akses ke Google Bard

Untuk mendapatkan akses ke versi eksperimental Google Bard, kunjungi situs web resmi Google Bard di https://bard.google.com/. Kamu harus masuk dengan akun Google.

Kamu tidak lagi harus bergabung dengan daftar tunggu. Dengan asumsi kamu berada di negara yang didukung, kamu dapat langsung mengakses Google Bard.

Kamu harus masuk dengan akun Google pribadi untuk menggunakan Bard versi eksperimental. Jika kamu tidak memiliki akun Google, kamu dapat membuatnya secara gratis. Untuk mengubah akun Google, gunakan tombol profil di pojok kanan atas halaman Google Bard.

Jika kamu memiliki akun Google Workspace, administrator Workspace kamu harus mengaktifkan Google Bard sebelum kamu dapat menggunakannya. Jika kamu mencoba mengakses Bard di Workspace yang belum diaktifkan, kamu akan melihat pesan "Akun Google ini tidak didukung". Google Bard juga tidak mendukung akun pengguna milik orang yang berusia di bawah 18 tahun.

Cara Menggunakan Google Bard

  • Setelah kamu memiliki akses ke Google Bard, kamu dapat mengunjungi situs web Google Bard di bard.google.com untuk menggunakannya.
  • Kamu harus masuk dengan akun Google yang telah diberi akses ke Google Bard.
  • Google Bard menyediakan antarmuka sederhana dengan jendela chat dan tempat untuk mengetik permintaan kamu, seperti ChatGPT atau Chat AI Bing.
  • Kamu dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan instruksi.
  • Kamu juga dapat mengetuk tombol mikrofon untuk mengucapkan pertanyaan atau instruksi daripada mengetiknya.
  • Segala sesuatu yang kamu ketik atau ucapkan disebut "prompt".

Itulah cara menggunakan Google Bard yang bisa kamu coba untuk membantu pekerjaan kamu agar lebih mudah. Selamat mencoba. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

OpenAI Ingatkan Microsoft tentang Perilaku Aneh dari Bing Chat