Sabtu, 24 Februari 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 24 Mei 2023 | 11:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft mengumumkan bahwa Windows 11 akan dilengkapi dengan asisten AI bernama Copilot. Perusahaan ini mengungkapkan hal ini dalam acara tahunan Build Developer mereka. Utilitas sampingan sistem operasi ini membantu pengguna dalam berbagai tugas, termasuk ringkasan konten, penulisan ulang, perubahan gaya bahasa, dan lainnya. Menurut Microsoft, Copilot dapat meningkatkan efisiensi pengguna dan meningkatkan produktivitas kerja dan belajar.

Dilansir dari Gizchina, sebagai versi yang lebih baik dari Bing Chat, Copilot telah dirilis oleh Microsoft awal tahun ini. Bing Chat adalah alat chatbot yang menggunakan teknologi robot chat OpenAI GPT-4 untuk memungkinkan pengguna melakukan percakapan dalam bahasa alami dengan mesin pencari Bing. Fungsi ini telah dibangun ke dalam Windows 11 oleh Copilot. Ini memungkinkan pengguna mengaksesnya dari aplikasi apa pun untuk mendapatkan rekomendasi cerdas dan tindakan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Misalnya, pengguna dapat membuka sidebar Copilot saat membaca artikel di browser dan mengetik kata-kata seperti "ringkasan," "penulisan ulang," atau "interpretasi." Saat hal ini terjadi, Copilot akan mengembalikan hasil yang tepat berdasarkan konten artikel dan menampilkannya di sidebar. Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan umum atau khusus kepada Copilot, dan Copilot akan mencari konten relevan secara online dan memberikan respons dengan detail yang tepat. Pengguna juga dapat dengan cepat mengubah pengaturan sistem, mengelola file, atau terhubung ke aplikasi lain melalui Copilot di pengaturan, manajer file, atau aplikasi lainnya.

Menurut Microsoft, Copilot adalah "Asisten Pribadi" (PA) yang sejati. Perusahaan ini mengklaim bahwa Copilot mengetahui niat dan konteks pengguna. Sebagai hasilnya, ia menawarkan bantuan yang paling cocok dan berguna. Copilot bukan hanya alat pencarian atau asisten suara biasa. Copilot, menurut Microsoft, dibangun berdasarkan teknologi komputasi awan dan kecerdasan buatan. Perusahaan ini juga mengklaim bahwa Copilot memiliki kemampuan belajar dan skalabilitas yang baik. Microsoft mengundang para pengembang untuk membuat plugin dan ekstensi untuk Copilot.

Microsoft juga mengklaim bahwa Copilot, salah satu alat AI terbarunya, mencerminkan visi mereka untuk masa depan sistem operasi Windows 11. Menurut IT Home, Microsoft berencana untuk meluncurkan Copilot kepada semua pengguna Windows 11 pada akhir tahun ini. Namun, perusahaan akan memulai uji coba beta fitur ini dengan Windows 11 pada bulan Juni tahun ini.

BACA SELANJUTNYA

Pentingnya Edge AI untuk IoT Generasi Mendatang