Kamis, 20 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 25 Mei 2023 | 15:55 WIB

Hitekno.com - Sony Corporation telah mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi sekitar 27 hektar (270.000 meter persegi) lahan di Prefektur Kumamoto, Jepang, sebagai langkah strategis untuk memperkuat bisnis chip-nya. Perusahaan bermaksud membangun pabrik manufaktur kedua di Kumamoto dengan potensi investasi mencapai ratusan miliar yen.

Dilansir dari Gizmochina, tujuan utama di balik ekspansi ini adalah untuk mempercepat pengembangan Sony di sektor bisnis chip yang kompetitif dan memenuhi permintaan yang semakin meningkat terhadap semikonduktor Sony di pasar global.

Langkah ini sejalan dengan pertimbangan sebelumnya dari Grup Sony, seperti yang dilaporkan oleh IT Home pada Desember tahun lalu, untuk membangun pabrik baru di Prefektur Kumamoto khusus untuk memproduksi sensor gambar smartphone. Rencana awalnya adalah memulai pembangunan pada tahun 2024, dengan produksi dimulai secepatnya pada tahun 2025.

Sony Semiconductor Solutions, sebuah anak perusahaan dari Sony Semiconductor, saat ini menduduki posisi teratas dalam hal pangsa pendapatan, menguasai 44% pasar. Diikuti dengan rapat oleh Samsung System LSI dan OMNIVISION. Bersama-sama, Sony, Samsung, dan OMNIVISION mengendalikan hampir 83% pasar sensor gambar smartphone global, menurut IT Home.

Shimizu Terushi, presiden Sony Semiconductor Solutions, mengakui kekurangan semikonduktor yang masih berlangsung dan menekankan pentingnya keputusan TSMC untuk mendirikan pabrik di Kumamoto.

Ilustrasi Chip smartphone. (Hitekno/Bing Image Creator)

Terushi menyatakan bahwa perkembangan ini telah "meningkatkan kepercayaan" dalam memperluas saluran pengadaan. Oleh karena itu, akuisisi lahan oleh Sony di Kumamoto dapat dianggap sebagai tindakan strategis untuk meningkatkan kapasitas produksi sendiri dan mengamankan ruang cadangan.

Dengan berinvestasi dalam pabrik manufaktur kedua di Kumamoto, Sony bertujuan untuk memperkuat posisinya di bisnis chip, secara efektif memenuhi permintaan yang semakin meningkat terhadap semikonduktor berkualitas tinggi.

Dengan komitmen terus menerus terhadap inovasi dan ekspansi, Sony siap untuk membuat langkah yang signifikan di pasar global, yang lebih mengokohkan kehadirannya sebagai pemain utama di industri ini.

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Kembangkan Chip dengan Proses 3nm TSMC, Siap Produksi Massal 2024