Sabtu, 20 April 2024
Editor Hitekno : Jum'at, 09 Maret 2018 | 23:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah perusahaan developer game yang berafiliasi ke kelompok Hizbullah di Lebanon menciptakan sebuah gim yang di dalamnya bercerita tentang perang menumpas kelompok teroris ISIS di Suriah dan Lebanon.

Gim bertajuk "Holy Defense" yang dinilai sebagai alat kampanye dan rekrutmen kelompok yang dekat dengan Iran tersebut dikembangkan oleh Dar al-Manar, sebuah perusahaan yang dirintis perusahaan media Lebanon, Al-Manar.

Al-Manar sendiri dikenal pro Hizbullah. Dalam situs resminya, Holy Defense menjelaskan bahwa gim itu merupakan simulasi untuk menunjukkan pertempuran sesungguhnya melawan kelompok-kelompok tafkiri dan Zionis yang didukung Amerika Serikat.

Gim itu juga disebut sebagai penghargaan bagi "para syahid yang wafat dalam perjuangan" Hizbullah.

Adapun Hizbullah dimasukkan ke dalam daftar kelompok teroris oleh Amerika Serikat, sejumlah negara Eropa, dan Israel.

"Gim Holy Defense bukan hanya sekedar permainan, tetapi sebuah simulasi yang bertujuan untuk mendokumentasikan perjuangan suci melawan gelombang tafkiri dan melawan proyek Zionis-Amerika," bunyi keterangan dalam situs resmi gim tersebut.

Gim Holy Defense sendiri hanya tersedia di dua tempat di ibu kota Lebanon, Beirut.

Dari trailer di YouTube, gim itu diketahui bertipe first person shotter dan menurut Tech Times tak memiliki kualitas grafis mumpuni.

Para pemain bisa memilih menjadi Ahmed, karakter utama dalam gim yang digambarkan sebagai saksi serangan ISIS di Masjid Sayyidah Zainab di Suriah dan kemudian memilih bergabung dengan Hizbullah.

Gim itu tersedia untuk versi komputer dan bisa dimainkan di komputer bersistem Windows 7,8, dan 10. Spesifikasinya tak terlalu berat, karena hanya diperlukan minimal RAM 4GB dan kapasitas memori 2,6GB.

Ini bukan gim pertama buatan Hizbullah. Sekitar 2004 lalu, kelompok itu merilis gim bertajuk Special Force dan Special Force: Tale of Truthful Pledge pada 2007. Dalam dua gim lawas itu yang menjadi musuh utama adalah tentara Israel.

BACA SELANJUTNYA

Cara Download Call of Duty Mobile untuk Android dan iOS