Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 21 Juli 2018 | 20:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Game yang sedang populer PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) telah menuai kontroversi gara-gara sebuah topeng. Bluehole, developer PUBG akhirnya meminta maaf gara-gara topeng kontroversial.

Topeng ini mirip dengan simbol yang digunakan milter Imperial Jepang di Perang Dunia II. Karena topeng itulah banyak pemain dari Korea Selatan dan Cina merasa tersinggung.

Selain minta maaf, pihak developer PUBG juga menghapus item tersebut dan mengembalikan uang para pengguna yang telah membelinya.

"Kami meminta maaf karena telah memicu kerisauan terkait item topeng pilot. Kami akan menggelar pemeriksaan ulang terkait proses produksi gambar untuk mencegah hal yang sama terulang lagi," bunyi pernyataan developer PUBG lebih lanjut.

Kontroversi itu pertama kali diwartakan oleh situs berita Korsel, Bzit, ketika pada Sabtu (14/7/2018), sebuah topeng pilot berdesain matahari terbit dengan corak merah putih muncul di PUGB.

Bagi banyak orang Korea, Cina, dan Asia Tenggara bendera dengan desain matahari terbit milik Jepang mengingatkan kekejaman militer negara itu di Perang Dunia II.

Pada saat yang sama, seorang pemain menemukan robot artificial inteligence PUBG bernama "Unit 731".

Ini adalah salah satu unit yang terkenal kejam dalam militer Jepang, yang bertugas mengembangkan senjata kimia dan mengujinya pada manusia, khususnya para tahanan asal Cina, Korea, dan Rusia. Diperkirakan sebanyak 10.000 orang tewas akibat eksperimen yang digelar Unit 731.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Developer PUBG Minta Maaf Gara-gara Topeng Kontroversial.

BACA SELANJUTNYA

Putus dari UHigh, BTR Mute Gandeng Kiper Persis Solo