Jum'at, 29 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 14 Agustus 2018 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Video game biasanya hanya menampilkan ilustrasi dari jalan cerita yang mereka pilih. Namun tak jarang para pengembang game terlalu jauh keluar dari jalan cerita sehingga muncul karakter game paling kontroversial.

Ironisnya karakter game tersebut tak jarang masuk ke dalam kategori game yang populer dan bisa dimainkan anak-anak. Kekerasan, seksualitas perempuan, dan jalan cerita yang buruk menambah kontroversi yang ada semakin besar.

Dikutip dari What Culture, berikut deretan karakter game paling kontroversial yang pernah beredar:

1. Poison (Final Fight)

Poison. (Final Fight)

Capcom terkenal dengan pengembang game yang cukup sukses mengembangkan deretan game yang terkenal. Namun sepertinya mereka membuat blunder dengan membuat karakter Poison di dalam game Final Fight. Karakter tersebut juga masuk dalam game Street Fighter X Tekken.

Sebelumnya Poison termasuk kategori perempuan nakal yang dapat berkelahi. Setelah game dikirim dari Jepang ke Amerika, Capcom tak ingin terjerat isu sensitif kekerasan pada wanita.

Akhirnya mereka mengubah karakter feminim menjadi karakter setengah pria yang berotot.

2. Kratos (God of War)

Kratos. (WhatCulture)

Karakter Kratos dikelilingi dengan adegan menyiksa serta mencabik-cabik orang dengan kejam. Awal mulanya Kratos menjalin sebuah perjanjian dengan sang dewa perang, Ares.

Sang dewa dengan liciknya mengkhianati Kratos sehingga timbul konflik baru. Kratos akhirnya membunuh setiap dewa yang ditemuinya dengan cara-cara terkejam yang tak pernah kamu bayangkan.

Karakter Kratos yang menyiksa karakter perempuan jahat lainnya juga mengundang respon keras dari para kritikus game.

3. Osama Bin Laden (Berbagai Judul Game)

Osama bin Laden. (WhatCulture)

Pemimpin teroris Al-Qaeda ini menjadi musuh semua warga Amerika dan menjadi karakter game kontroversial yang pernah ada. Bin Laden dan pasukan terorisnya ditampilkan sebagai tokoh antagonis di dalam alur cerita.

Karakter ini sangat terkenal dalam skema permainan 9/11 dan dipercaya menjadi ancaman dunia. Jalan cerita yang kontroversial dan dipimpin oleh Osama bin Laden dapat membuat marah beberapa oknum di timur tengah.

Karakter ini juga bisa menjadi inspirasi untuk gamer yang ingin menjadi teroris.

4. Karakter Game "Dead or Alive"

Karakter Perempuan DoA. (Lolwot)

Meski game terbaik merupakan game yang terlihat nyata, namun game ini menampilkan kenyataan yang kebablasan. Campuran gadis muda maupun wanita yang lebih tua bertarung membuat game ini dapat menggambarkan kekerasan.

Tampilan bagian dada yang besar maupun pakaian yang sangat minim membuat game ini masuk kategori game erotis. Fitur permainan pantai membuat karakter game perempuan memakai pakaian lebih minim dan tipis lagi.

5. Ivy (Soul Calibur)

Ivy. (Soul Calybur)

Game Soul Calibur nampaknya cocok sebagai game erotis daripada game berjenis MMORPG. Karakter Ivy sangat menampilkan bahwa game ini tak cocok untuk anak-anak.

Pakaian yang sangat terbuka pada Ivy membuat bagian sensitif perempuan sangat terlihat. Karakternya lebih mirip penari stripis daripada sebagai perempuan pembunuh.

Banyak kritikus game yang menyebut bahwa karakter Ivy sangat "mengeksploitasi" perempuan. Atas dasar itu tak heran apabila Ivy masuk sebagai salah satu dari deretan karakter game paling kontroversial.