Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 15 Agustus 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat muncul kabar kalau game Fallout 76 buatan Bethesda tidak akan dirilis lewat Steam. Namun tersedia lewat situs milik Bethesda sendiri.

Bethesda juga telah mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Mereka memastikan perilisan Fallout 76 akan melalui Bethesda.net bukan Steam.

Langkah ini dinilai tepat untuk menjalin hubungan langsung antara developer dengan para pemain. Developer dapat secara langsung mendengar aspirasi gamer.

Selain itu, Fallout 76 adalah game online yang membutuhkan dukungan dan konten berkelanjutan. Sehingga akan lebih mudah jika ada di tempat sendiri, bukan pihak ketiga.

Fallout 76. (Bethesda)

Keputusan ini juga bisa memaksimalkan keuntungan finansial game. Seperti diketahui, Steam memotong keuntungan game sebagai service layanan mereka.

Hal sama dilakukan oleh Google untuk Play Store dan Apple di App Store. Platform distribusi digital seperti ini pasti meminta bagian dari penjualan.

Karena alasan itulah, Epic Games memutuskan untuk merilis Fortnite versi PC dan Android di situs mereka sendiri. Bukan di Steam dan Google Play Store.

Fallout 76. (Bethesda)

Lalu bagimana dengan game Bethesda lainnya? Misalnya Doom Eternal dan Rage 2? Dilansir IGN, saat QuakeCon2018 Pete Hines meminta gamer tidak perlu khawatir.

Bethesda sendiri belum bisa memastikan Apakah Doom Eternal dan Rage 2 juga akan dihadirkan ke Steam atau tidak.

Dengan tidak dirilisnya Fallout 76 di Steam, bukan berarti semua game Bethesda akan cabut dari distribusi game digital besutan Valve tersebut.

Untuk saat ini, yang akan eksklusif di Bethesda.net baru Fallout 76 saja. Game lain belum ditentukan apakah cabut dari Steam atau tidak.

Piala Penghargaan Fallout 76. (Bethesda)

Walaupun demikian, Bethesda tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan Fallout 76 ke Steam. Seperti yang sudah dilakukan pada Elder Scrolls Online.

Game Elder Scrolls Online sempat menjadi game eksklusif di Bethesda.net. Namun akhirnya dihadirkan pula ke Steam.

Pete Hines belum bisa memastikan apapun, akah yang akan terjadi pada game Bethesda di Steam.

Kita tunggu saja Fallout 76 akan dirilis pada 14 November 2018 nanti untuk PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

BACA SELANJUTNYA

Bethesda Game Studios Ungkap Gameplay Starfield