Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 22 September 2018 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Game Call of Duty sudah berkembang menjadi franchise besar. Sejak dirilis pada 2003, Call of Duty masih terus mengeluarkan game terbarunya.

Seri terbaru game ini adalah Call of Duty: Black Ops 4 yang direncanakan rilis pada 12 Oktober 2018.

Call of Duty: Black Ops 4 adalah kelanjutan dari ser Black Ops 3 yang dirilis pada 2015 yang lalu.

Penasaran dengan kesuksesan Call of Duty? Simak berikut ini 10 fakta Call of Duty yang harus kamu ketahui.

1. Call of Duty Pengembangan Medal of Honor

Medal of Honor: Allied Assault. (EA)

Sebelum ada Call of Duty, game Medal of Honor lebih dulu hadir pada 1999 oleh electronic arts (EA). Game Medal of Honor sendiri awalnya telah sukses namun akhirnya meredup di awal 2000-an.

Jason West dan Vince Zampella yang sebelumnya menggarap Medal of Honor: Allied Assault memutuskan untuk membentuk studio sendiri bernama Infinity Ward.

Dari sebelumnya menggarap game untuk EA, mereka pun pindah haluan ke kompetitor yaitu Activision. Yang akhirnya Activision membeli Infinity Ward.

2. Awalnya Dirancang untuk Perang Modern

Game Call of Duty pertama. (Game Cloud)

Awalnya Infinity Ward ingin membuat game peperangan modern. Namun pihak Activision meminta agar Call of Duty bisa mengulang sukses Medal of Honor dengan game Perang Dunia II.

Akhirnya keluar Call of Duty pertama dengan tema Perang Dunia II. Di kemudian hari, akhirnya terciptalah game perang modern Call of Duty 4: Modern Warfare dan Call of Duty: Infinite Warfare.

3. Tidak Semua Call of Duty Dibuat Infinity Ward

Call of Duty: Call of Duty. (G2A)

Infinity Ward memang yang pertama mengembangkan game Call of Duty ini dari pengalaman menggarap Medal of Honor. Tapi tidak semua game Call of Duty digarap Infinity Ward.

Ada developer Treyarch yang mulai menggarap Call of Duty 3. Dan ada pula Sledgehammer Games yang ikut menggarap Call of Duty: Modern Warfare 3 dan Call of Duty: Advanced Warfare.

4. Mode Zombie Awalnya Easter Egg

Mode zombie di Call of Duty. (Esports Middle East)

Awalnya Treyarch membuat mode zombie sebagai sebuah easter egg. Konsep zombie sejak awal tidak disetujui Activition, akhirnya nekat dimasukkan sebagai easter egg.

Namun ternyata mode zombie ini malah mendulang sukses dan banyak diminati. Mengingat pula saat itu game bertemakan zombie sedang naik daun.

5. Buatan Treyarch Lebih Laris dari Infinity Ward

Call of Duty: Black Ops 3. (Treyarch)

Call of Duty memang pertama kali dibuat oleh Infinity Ward. Namun dalam perjalanannya, malah Call of Duty garapan Treyarch yang lebih laris.

Mulai dari Call of Duty 3, Call of Duty: World at War, dan Call of Duty: Black Ops. Malah seri Black Ops sampai sekarang masih dilanjutkan hingga game keempatnya.

6. Call of Duty: Modern Warfare 3 Paling Cepat Terjual

Call of Duty: Modern Warfare 3. (Gamegator)

Call of Duty: Modern Warfare 3 menjadi game Call of Duty paling cepat terjual. Mencatatkan angka penjualan 8,8 juta copy di bulan pertamanya.

Kecepatan penjualan Call of Duty: Modern Warfare 3 ini mengalahkan rekor Call of Duty: Black Ops yang terjual 8 juta copy di bulan pertamanya.

7. Call of Duty Pernah Jadi Game Mobile

Call of Duty di Nokia N-Gage. (Consolemad)

Call of Duty memang terkenal di PC dan konsol. Namun tahukah kamu, Call of Duty pernah menjadi game mobile, bahkan hadir ke N-Gage.

Call of Duty juga pernah menjadi game di Nintendo DS. Namun pada 2012, Call of Duty lebih menfokuskan diri ke PC dan konsol.

8. Call of Duty yang Dicancel

Deretan game Call of Duty bisa lebih banyak lagi kalau tidak membatalkan sejumlah gamenya. Ada beberapa seri spin off dari Call of Duty yang dicancel.

Seperti Call of Duty Tactics dari Vicarious Visions yang menawarkan game strategy berlatar Perang Dunia II.

Lalu ada Call of Duty: Devil's Brigade, game dengan konsep thrid-person shooter. Tidak seperti kebanyakan Call of Duty yang first-person shooter.

Dan masih banyak game Call of Duty lainnya seperti Call of Duty: Combined Forces, Call of Duty: Vietnam dan permainan kartu Call of Duty.

9. Rekor Bermain Call of Duty Terlama

Marathon Call of Duty. (Dailymail)

Kamu pemain Call of Duty juga? Berapa jam yang bisa kamu habiskan dalam bermain? Bisa mengalahkan Kaya, pemain asal Australia?

Kaya berhasil marathon bermain Call of Duty selama 135 jam dan 50 menit. Rekor pria ini bermain Call of Duty: Black Ops tercatat dalam Guiness World Records.

10. Dimainkan Lebih dari 100 Juta Pemain

Douglas Martin. (FaZe Censor)

Total pemain dari seluruh game Call of Duty mencatatkan angka fantastis. Call of Duty mengklaim telah mencapai 100 juta pemain untuk semua gamenya.

Jika membentuk sebuah negara, total populasi pemain Call of Duty lebih besar dari populasi negara Jerman, Prancis, dan Inggris.

Itulah tadi 10 fakta Call of Duty yang harus kamu ketahui. Sampai kapankah franchise game ini akan terus bertahan?

BACA SELANJUTNYA

Exoborne Resmi Diumumkan, Game Tactical Open World Extraction Shooter dari Sharkmob