Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 28 September 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa sih yang tidak mengenal Nintendo, perusahaan video game yang ternama ini. Namun siapa sangka, perusahaan ini telah berumur lebih dari se-abad. Di bulan 2018, kita menyambut 129 tahun Nintendo.

Nintendo pertama kali didirikan pada 23 September 1889, itu artinya perusahaan game legenda ini telah berumur 129 tahun. Tapi sebenarnya, awalnya Nintendo bukanlah perusahaan yang langsung terjun ke dalam industri game. 

Dilansir dari Suara.com, Nintendo sebelumnya diberi nama Nintendo Koppai, sebuah bisnis kecil yang berbasis di Kyoto dan diprakarsai oleh Fusajiro Yamauchi yang memulai karirnya sebagai perusahaan kartu bermain. Fusajiro Yamauchi memproduksi ''Hanafuda'' atau kartu bunga.

Produk Nintendo. (Wired)

Lalu tahun 1902, Yamauchi mulai memproduksi kartu bermain gaya barat pertama di Jepang dan menjadi permainan populer pada saat itu.

Kemudian tahun 1933, perusahaan itu dikenal sebagai Yamauchi Nintendo & Co. Sekitar 20 tahun kemudian pada tahun 1951, nama perusahaan berubah menjadi Nintendo Playing Card Co.Ltd.

Pada tahun 1963, Nintendo mengubah namanya menjadi Nintendo Co.Ltd. dan mulai membuat game di samping memproduksi kartu remi mereka.

Setelahnya pada sekitar tahun 1980-an, Nintendo benar-benar membuat nama untuk didirinya sendiri ketika Nintendo of America Inc. didirikan di New York.

Perusahaan tersebut mulai menjual jajaran produk game & watch mereka di Jepang, sebuah game video LCD portabel pertama dengan mikroprosesor.

Setelah itu, Jepang mulai memproduksi konsol game portabel pertama untuk digunakan di rumah dan mendapatkan Famicom, singkatan dari "Family Computer", sebuah komputer rumah dan konsol video game 8-bit yang dirilis Nintendo pada Juli 1983.

Konsol game NES. (slashgear)

Tahun berikutnya, mereka pun menamainya dengan Nintendo Entertainment System (NES).

Saat NES pertama kali memasuki pasar, perusahaan itu dapat menjual 46 juta unit di seluruh dunia dengan permainan yang terus berkembang hingga 65 judul.

Nintendo kemudian membuat lompatan pada dunia 3D game dengan meluncurkan Nintendo 64 yang pertama kali diluncurkan di Jepang pada Juni 1996.

Menariknya, dari sekian banyak judul game yang dikeluarkan oleh Nintendo, hingga saat ini Nintendo selalu berkaitan erat dengan game Super Mario Bros sebagai ikonnya.

Super Mario Bros. (Nintendo)

Game Mario Bros sendiri dirilis di Jepang pada 1985 saat mereka masih menggunakan Famicom. Game itu telah meraup penjualan lebih dari 12 miliar dolar dan menjual lebih dari 500 juta eksemplar dari berbagai judulnya.

Dalam sejarah singkat Nintendo, tentu Mario Kart dan Pokemon masuk ke dalamnya. Pokemon sendiri diluncurkan pada Game Boy di Jepang pada 1996 dan menjadi fenomena global, bahkan hingga saat ini telah menjadi maskot ikonis untuk waralaba.

Hingga kini, setelah 129 tahun perjalanan, Nintendo masih terus berinovasi dan telah membuat banyak sekali konsol game, termasuk Nintendo Switch yang saat ini kembali membawa kejayaannya. 

Tulisan mengenai 129 tahun Nintendo ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul 129 Tahun Nintendo, Mengulik Sejarah Singkat Perjalanannya.

BACA SELANJUTNYA

Ramaikan Tahun Baru Imlek, Hadir Penawaran Ekslusif PC Game Pass dari Xbox