Selasa, 14 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 30 November 2018 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Nintendo selama ini dikenal sebagai musuh para Youtuber gaming. Nintendo sering melarang hingga memerangi para konten creator memakai game mereka untuk mendapatkan uang.

Selama ini Youtuber gaming mendapatkan uang dari iklan yang tayang video mereka bermain game. Namun tak bisa untuk game-game dari Nintendo.

Namun sekarang, Nintendo mulai melonggarkan kebijakannya. Nintendo baru saja meng-update ''Nintendo Game Content Guidelines for Online Video & Image Sharing Platforms.''

Mario dan Nintendo. (500ish Words)

Di dalamnya memuat ketentuan bagi para kontent kreator termasuk Youtuber gaming untuk mendapatkan uang dari iklan di video mereka dengan game Nintendo.

Asalkan, video yang mereka buat bentuknya transformative work. Yaitu video yang melewati proses editing tambahan seperti penambahan komentar.

Sedangkan video sesi panjang yang minim editing bahkan komentar tetap tidak diperkenankan untuk dimonetisasi.

Selain itu, Nintendo juga melarang melakukan live streaming untuk game mereka. Juga melarang video berisi game yang belum resmi dirilis.

Super Mario Party di Nintendo Switch. (Nintendo)

Entah angin apa yang membuat Nintendo merubah kebijakannya ini. Selama ini mereka dikenal sebagai perusahaan yang sangat kolot.

Apa yang dilakukan Nintendo sebelumnya juga menuai kontroversial. Namun Nintendo juga punya alasan tepat untuk melindungi konsumennya dari spoiler.

Namun perubahan yang dilakukan Nintendo sekarang perlu diapresiasi. Nintendo sudah mulai terbuka dalam mengikuti perkembangan zaman.

Dan pastinya, kebijakan Nintendo yang melonggarkan aturannya ini harus disambut tangan terbuka. Karena kini para Youtuber gaming sudah bisa lagi berkreasi dengan game Nintendo.