Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 06 Maret 2019 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Game battle royale PUBG Mobile tengah marak dimainkan banyak orang. Dari kalangan gamer hingga bocah cilik yang sebenarnya belum diperkenankan main PUBG Mobile.

Dengan semakin banyaknya player, makin banyak pula yang berulah dan susah di atur. Terutama pada player yang masih di bawah umur.

Di China sendiri, Tencent mulai memberlakukan aturan ketat pada pemain PUBG Mobile. Hal ini setelah ancaman pemblokiran dari Pemerintah China.

Dikutip dari NDTV, kini Tencent memberlakukan peraturan ketat di China. Tencent melarang bocah di bawah 13 tahun untuk main PUBG Mobile.

Namun Tencent masih memberikan pengecualian pada player di bawah 13 tahun jika mereka mendapatkan izin dan berada dalam pengawasan orang tua.

PUBG Mobile. (Twitter/@PUBGMOBILE)

Sebagai informasi, Tencent di China memasukkan teknologi pengenal wajah dan pengecekan player ID yang harus disertakan kartu identitas.

Cara ini sudah digunakan Tencent untuk game Honour of Kings. Kemungkinan juga akan dipakai untuk game lain seperti PUBG Mobile.

Pemerintah China sendiri cukup ketat dalam mengatur peredaran game di wilayahnya. Dan cukup serius dalam memerangi kecanduan game pada anak.

Tak heran, China sempat mengancam pemblokiran untuk game PUBG Mobile ini. Game battle royale ini dianggap memberikan dampak kecanduan pada anak.

Meski Tencent jadi salah satu raksasa internet di negara tersebut, mereka tetap tak berkutik di bawah Pemerintah China. Karena itu, mereka mengeluarkan aturan ini.

Beruntung aturan pelarangan bocah di bawah 13 tahun tidak boleh Main PUBG Mobile ini masih terbatas di China. Akankah diterapkan untuk negara lain?

BACA SELANJUTNYA

Ubisoft Tutup Gerai Online di China, Apa Sebabnya?