Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 21 Mei 2019 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perusahaan konsol game asal Jepang, Sega memang begitu menguasi jajaran pasar gaming di seluruh dunia pada thaun 90-an. Baru terungkap, ternyata pabrikan ini pernah merakit Sega Dreamcast di Indonesia lho.

Kabar mengenai Sega Dreamcast yang dibuat di Indonesia ini jadi topik panas di Twitter saat diunggah oleh akun @aimrod pada Senin (13/5/2019) lalu.

''Ngeliat gambar ini dan googling jadi nanya sedikit serius: Siapa distributor resmi Sega di Indonesia tahun 1990-an dan bagaimana bisa Sega dirakit di sini untuk ekspor ke luar negeri?'' tulis @aimrod dalam unggahannya.

Sedikit throwback, pada tahun 1990 hingga 1999, vendor game yang memiliki kantor pusat di Tokyo ini sudah merilis berbagai konsol game super keren dari perusahaannya.

Punya kualitas terbaik, SEGA dianggap sangat seru dengan grafis yang lebih keren jika dibandingkan dengan saingannya yang merupakan beberapa konsol game yang sempat terkenal pada masanya.

Konsol game Sega buatan Indonesia. (twitter/aimrod)

Pemilik akun @aimrod ini sempat melakukan pencarian dan menemukan bahwa setidaknya ada tiga produk Sega yang dirakit di Indonesia, yaitu Genesis atau Mega Driver, Saturn, dan Dreamcast.

Kemungkinan, pabrik Sega di Indonesia sudah ada sejak tahun 1994 hingga 1995 hingga akhirnya Sega memilih untuk menutup divisi hardware miliknya.

Netizen ini juga memprediksi jika mungkin yang membuka pabrik rakitan Sega di Indonesia adalah Sega out source yang secara khusus dibuat untuk menekan biaya produksi.

Mengenai keberadaan Sega Dreamcast yang dirakit di Indonesia, seorang netizen dengan akun @densky9beat menjelaskan jika Sega sempat mengeluarkan versi pabrik berbeda untuk Dreamcast. Indonesia menjadi salah satu negara yang dipercayakan memproduksi Sega Dreamcast pada saat itu.

Penemuan konsol game Sega tahun 1990 yang pernah dirakit di Indonesia ini jelas mengejutkan banyak orang. Apalagi game Sega begitu populer pada masanya. Coba cek konsol game Sega kamu, siapa tahu ada tulisan 'Made in Indonesia' juga.

BACA SELANJUTNYA

Siapa Jerry Lawson, Kenapa Disebut Sebagai Pelopor Game Modern?