Selasa, 15 Oktober 2019
Agung Pratnyawan : Selasa, 18 Juni 2019 | 20:30 WIB

Hitekno.com - Gamer China dikenal sangatlah sensitif pada muatan politis. Seperti promosi Watch Dogs Legion yang mereka protes karena dianggap bermuatan politis di baliknya.

Dalam promosi yang dipublis ke Facebook Ubisoft tersebut, menampilkan sejumlah karakter Watch Dogs Legion tengah memakai payung.

Ubisoft mengunggahnya ke Facebook pada 13 Juni 2019 setelah mereka mengungkap Watch Dogs Legion. Namun tak berselang lama, para gamer China meributkan gambar tersebut.

Mengutip dari PlayStation Lifestyle, promosi Watch Dogs Legion tersebut dianggap mendukung Hong Kong yang sedang melakukan protes ke China.

Dalam aksi turun ke jalan, para warga Hong Kong menggunakan payung untuk melindungi dirinya. Dan payung dianggap sebagai ikon perlawanan Hong Kong kepada China pada 2014.

Yang menjadi masalah, peluncuran gambar promosi Watch Dogs Legion dengan payung tersebut tepat saat aksi protes Hong Kong sedang ramai-ramainya.

Gamer China pun langsung menganggap jika promosi Watch Dogs Legion dengan banyak gambar payung tersebut adalah wujud dukung Ubisoft pada Hong Kong.

Promosi Watch Dogs Legion dianggap bermuatan politis oleh gamer China. (Facebook/ Ubisoft)

Tak berselang lama, pihak Ubisoft pung melakukan klarifikasi terhadap gambar promosi Watch Dogs Legion yang dianggap bermuatan politis tersebut.

Ubisoft membuat gambar dengan payung tersebut untuk menggambarkan kota London yang menjadi setting lokasi dari game Watch Dogs Legion.

Seperti diketahui, London dikenal dengan kota hujan. Sehingga banyak warganya sering mengenakan payung setiap hujan tiba.

Ubisoft minta maaf atas promosi Watch Dogs Legion yang menyinggung gamer China. (Facebook/ Ubisoft)

Namun Ubisoft juga minta maaf jika gambar tersebut telah menyinggung pihak tertentu. Dan meminta maaf akan kebingungan yang tercipta.

Ubisoft sendiri telah merencanakan untuk meluncurkan Watch Dogs Legion pada 6 Maret 2020 ke platform PlayStation 4, Xbox One, dan PC.

Setelah masalah promosi ini, akankah gamer China masih membeli Watch Dogs Legion ini? Atau memang adakah muatan politis di balik gambar tersebut?