Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 28 Juni 2019 | 19:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam dunia game modern, nama eSports tentu sangat melekat bagi para gamers maupun peminat game. Yang tidak diketahui, ternyata gelaran serupa eSports sudah ada sejak tahun 1989 lho dan digelar di Indonesia, tepatnya di Surabaya, Jawa Timur.

Hal ini terungkap dalam unggahan @iambadung di Twitter pada Rabu (26/6/2019) lalu. Terlihat banner besar yang mengucapkan selamat datang untuk para peserta lomba nintendo tingkat Jatim 1989.

Gelaran ini diadakan di Surabaya Mall atau yang kini dikenal dengan nama Hitech Mall Surabaya. Dilansir dari berbagai sumber, ternyata gelaran eSports yang digelar di Surabaya pada tahun 1989 ini merupakan gelaran pertama di Indonesia.

''Esport before it was cool..'' tulis @iambadung dalam cuitannya.

Terlihat dalam foto jadul tersebut, seorang pria yang mengenakan kacamata hitam tengah asik berfoto di depan banner ucapan selamat datang tersebut.

Beberapa orang lainnya terlihat melewati anak tangga tersebut untuk naik bahkan turun keluar dari venue gelaran lomba nintendo.

Potret eSports tahun 1989. (twitter/iambadung)

Sempat ragu dan menyangsikan potret yang ia unggah, @iambadung menyebut bahwa dirinya tidak yakin apakah foto tersebut merupakan nyata atau hanya hasil editing.

''Tapi ga tau ya editan apa bukan. Hahahhaa..'' tulis @iambadung ragu.

Namun, pernyataannya ini dibantah keras oleh beberapa netizen di kolom komentar unggahannya. Netizen meyakinkan bahwa gelaran ini benar ada di tahun 1989 lalu dan benar di gelar di salah satu mall di Surabaya.

''Foto itu memang riil diambil di Hitech Mall Surabaya, namanya sekarang..'' tulis pemilik akun @DimDimRa.

Ilustrasi turnamen eSports. (unsplash/Anthony Brolin)

Sedikit penjelasan mengenai dunia eSports. eSports atau electronic sports merupakan olahraga elektronik yang dikenal sebagai sebuah permainan bersifat kompetitif dan profesional yang disebut-sebut berangkat dari permainan arkade yang populer tahun 1970.

Nama eSports saat ini tengah booming berkat maraknya Mobile Legends, PUBG, hingga Free Fire. Berbagai tim eSports lalu terkenal. Bermain game perlahan-lahan tidak lagi dianggap sebagai kegiatan yang tidak menghasilkan apa-apa.

Pasalnya, para gamers profesional yang terjun di dunia eSports, sering mendapat bayaran melimpah dari kegiatan yang ditekuni.

Mengingat perjalanan booming-nya eSports, jangan dilupakan bahwa eSports dalam wujud lomba nintendo sudah ada sejak tahun 1989 di Surabaya. Jawa Timur ya.

BACA SELANJUTNYA

Ariel NOAH Ikut Meramaikan Turnamen PUBG Mobile PMIC SUPER