Selasa, 17 September 2019
Agung Pratnyawan : Kamis, 22 Agustus 2019 | 12:15 WIB

Hitekno.com - Buat gamer PC pasti tak asing dengan nama Denuvo, sistem anti bajakan yang melindungi banyak game ternama dari para pembajak.

Popularitas Denuvo memang sangat tinggi, apalagi sistem anti bajakan ini sangat disegani para pembajak di masanya. Bertahun-tahun belum bisa ditembus.

Namun akhir-akhir ini, mulai bermunculan kelompok pembajak yang bisa membobol sistem keamanan yang ditanamkan pada game ternama.

Meski begitu, Denuvo masih mendapatkan kepercayaan untuk mengamankan game dari pembajak. Sehingga membuat sistem anti bajakan ini terus bertahan.

Tak cukup itu, Denuvo mulai melakukan ekspansinya. Tidak hanya membuat sistem anti bajakan di game PC. Denuvo mulai melebarkan sayapnya ke game mobile.

Secara resmi, diumumkan kehadiran Denuvo Mobile Game Protection. Sistem keamanan ini akan menjaga game mobile dari pembajakan.

Apakah Denuvo bisa menjaga agar game mobile tidak dibajak? Ternyata tak cuma bajakan, sistem ini juga menjaga game dari para cheater.

Denuvo, sistem keamanan anti bajakan. (Denuvo).

Melalui keterangan resminya, Irdeto induk perusahaan Denuvo menjelaskan soal sistem keamanan ini untuk game mobile termasuk Android.

Sistem keamanan ini akan menjaga dari debugging, reverse engineering, dan pengubahan komponen di dalam game mobile tersebut.

Solusi yang diberikan juga tidak meminta source code game mobile. Denuvo dapat diaplikasikan pada APK atau binary dari game tersebut.

Bahkan sistem anti bajakan ini tidak membebankan developer game dalam masa pengembangan. Dan sangat mudah untuk diintegrasikan ke game tersebut.

Denuvo, sistem keamanan anti bajakan. (Denuvo).

Tidak dipungkiri, game mobile di Android sangat rentan pada pembajakan. Terlebih lagi mudahnya distribusi APK yang terbuka pada reverse engineering.

Hal ini jelas merugikan developer yang menjual gamenya. Sehingga banyak game mobile di Android diberikan secara gratis, namun in-app purchase bahkan pay-to-win.

Belum lagi banyaknya peredaran aplikasi cheating hingga modifikasi APK. Hal ini membuat para cheater tumbuh di game mobile Android.

Kita tunggu saja apakah sistem anti bajakan Denuvo bisa sukses menjaga game mobile dari pembajak, cheater, hingga hacker.