Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 24 Oktober 2019 | 07:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - PlayStation 5 dipastikan akan meluncur pada akhir 2020 mendatang. Banyak yang penasaran seperti apa konsol game baru ini.

Belum lama ini Mark Cerny, Lead System Architect PlayStation 4 dan PlayStation 5 memberikan bocoran seperti apa konsol game baru ini.

Disebutkan kalau PlayStation 5 memakai custom chip AMD yang berbasis Zen 2 dan telah mendukung ray tracing secara hardware.

Sayangnya tidak dijelaskan seperti apa performa dari konsol game baru ini. Seberapa kuat hardware dari penerus PlayStation 4 nanti?

Rumor terbaru dihembuskan oleh Digital Foundry, media berbasis Eropa yang fokus pada hardware dan kerap melakukan penyelidikan mendetail.

Dalam gelaran EGX 2019 di London, Inggris, Digital Foundry mengungkap kalau mereka sedang menyelidiki tiga hardware misterius.

Ketiganya memiliki codenamde Gonzalo, Oberon, dan Prosperon. Mereka yakin 99 persen kalau ketiganya adalah konsol game PlayStation 5.

Diwartakan Wccftech, Digital Foundry telah menyelidiki hardware misterius ini selama beberapa bulan terakhir.

Hasil yang mereka dapatkan, hardware misterius yang diduga PlayStation 5 ini memiliki CPU 8 core dan 16 Thread dengan clock sekitar 3,2 GHz.

PlayStation 4 sendiri memang memakai custom chip AMD 8 core juga, namun hanya memiliki clock 1,6 GHz untuk versi biasa dan 2,14 GHz untuk PlayStation 4 Pro.

Digital Foundry menemukan hal lain dari hardware misterius ini. Kemampuan APU atau GPU integrated di CPU ini sangatlah tinggi.

Hal ini diperkuat laporan dari PC leaker, Tum_Apisak yang menyebutkan kalau APU pada Gonzalo diperkirakan 4 kali lebih kuat dari APU PlayStation 4.

Nvidia GeForce GTX 1080. (Nvidia)

Dengan performa yang setinggi itu, APU ini bisa bersaing bahkan mengalahkan performa Nvidia GeForce GTX 1080.

Nvidia GeForce GTX 1080 sendiri adalah GPU terkuat di PC pada 2016, atau sekitar 3 tahun setelah peluncuran konsol game PlayStation 4 pertama.

Seperti apa nantinya performa konsol game baru PlayStation 5 ini. Jika bocoran di atas benar, maka bakal jadi sistem yang cukup mengerikan.

BACA SELANJUTNYA

Gantikan PlayStation Vita, Sony Bakal Garap Handheld Anyar?