Rabu, 20 November 2019
Agung Pratnyawan : Senin, 04 November 2019 | 21:00 WIB

Hitekno.com - Dengan hadirnya Nintendo Switch, maka platform handheld sebelumnya siap-siap meredup. Termasuk Nintendo 3DS yang dianggap tak relevan lagi.

Jika sudah ada Nintendo Switch, buat apa masih ada 3DS? Karena Switch sendiri hadir sebagai platform hybrid konsol game dan handheld.

Namun nampaknya Nintendo tidak serta merta meninggalkan begitu saja legacy handheld mereka yang legendaris ini.

Kabar terbaru muncul dari jurnalis Wall Street Journal Jepang, Takashi Mochizuki, lewat akun Twitter @mochi_wsj pada 31 Oktober 2019.

Dilaporkan Takashi Mochizuki, perusahaan game asal Jepang ini ingin membawa game 3DS mereka ke konsol Nintendo Switch.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi Nintendo Switch Lite yang lebih fokus pada handheld dibandingkan konsol game.

Dan baru diketahui, kalau penjualan Nintendo Switch Lite sangat sukses di Amerika Serikat (AS) dibandingkan di Jepang sendiri.

Menurut laporan, perbandingan penjualan Nintendo Switch Lite sebanyak 800 ribu unit di AS dan 390 ribu unit di Jepang.

Total penjualan Nintendo Switch Lite sendiri mencapai 2 juta unit secara global. Seperti diketahui, handheld ini baru diluncurkan Juli 2019 kemarin.

Nintendo Switch Lite. (Nintendo)

Untuk menunjang popularitas handheld ini, Nintendo percaya jika game 3DS bisa mendongkrak lagi penjualan Nintendo Switch Lite.

Beberapa franchise dan game 3DS akan didaur-ulang, tidak ketinggalan juga dengan game Pokemon baru dihadirkan ke Nintendo Switch Lite.

Tidak akan mudah melakukan porting game 3DS, mengingat platform ini memiliki dua layar. Dan game-gamenya pun memanfaatkan penuh layar ganda ini.

Sedangkan Nintendo Switch Lite hanya memiliki satu layar saja. Namun bukan berarti tidak bisa, Nintendo sudah melakukannya pada Xenoblade Chronicles di Wii.

Konsol game Nintendo Switch. (Nintendo)

Kita tunggu saja game 3DS apa yang diangkut ke Nintendo Switch nantinya. Pasti akan menarik, karena Nintendo biasanya niat soal beginian.