Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 19 November 2019 | 15:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sony dipastikan akan meluncurkan konsol game PlayStation 5 pada 2020 mendatang. Lalu bagimana dengan controller-nya nanti?

Menurut The Verge, Sony telah mendaftarkan paten untuk controller PlayStation 5 nanti yang diduga akan menjadi DualShock 5.

Seperti diketahui, selama ini Sony memakai DualShock sebagai nama controller konsol game mereka. DualShock 4 untuk PlayStation 4, dan DualShock 3 untuk PlayStation 3.

Dari paten yang telah didaftarkan Sony, terungkap seperti apa desain dari controller PlayStation 5 ini nanti.

Dari gambar paten yang muncul, DualShock 5 ini nanti akan memiliki desain yang mirip dengan DualShock 4 di PlayStation 4.

Meski sekilas mirip, Sony melakukan perubahan yang cukup mencolok pada controller PlayStation 5 ini. Yaitu pada ukurannya yang lebih bantet.

Tidak hanya terlihat lebih gemukan, DualShock 5 ini mendapatkan perubahan pada sisi tombol trigger yang lebih besar di punggungnya.

Paten DualShock 5, controller PlayStation 5. (The Verge)

Tetap dengan dua analog stick yang berada di sisi dalam. Desain ini sudah digunakan sejak DualShock di PlayStation pertama.

Mirip dengan DualShock 4 pula ada area kotak di tengah yang nampaknya tetap menjadi touchpad. Dan dua tombol di sampingnya.

Sempat ada bocoran kalau area touchpad ini menjadi layar sentuh. Namun layar ini masih sekadar bocoran belaka, yang kemungkinannya kecil.

Namun tidak terlihat ada lightbar lagi di controller PlayStation 5 ini. Dan kini ada dua lubang, yang kemungkinan Sony memisahkan port audio dan microfon.

Paten DualShock 5, controller PlayStation 5. (Metro, The Verge)

Selain itu, sempat ada kabar juga kalau Sony memasangkan Haptic Feedback ke DualShock 5 yang mampu mensimulasikan getaran lebih ralistik.

Pemakaian Haptic Feedback ini mirip dengan apa yang ada di JoyCon milik Nintndo Switch. Yang selama ini sukses membuat simulasi getaran dengan realistis.

Secara garis besar, controller untuk konsol game baru ini akan identik dengan seri sebelumnya. Nampak Sony ingin menjaga kemiripan ini sejak generasi pertama.

Sehingga gamer PlayStation 4 dan sebelum-sebelumnya lebih mudah dan familiar dengan controller PlayStation 5 ini nanti.

Perbandingan controller PlayStation 5 (kiri) dan PlayStation 4 (kanan). (VideoGamesChronicle)

Namun harus diingat, desain gambar ini baru paten yang diajukan. Belum produk jadi yang diluncurkan resmi dari Sony.

Meski begitu, kita bisa membayangkan seperti apa nantinya controller PlayStation 5 yang kemunkinan bernama DualShock 5.

BACA SELANJUTNYA

Sukses di Xbox Series X/S dan PC, Hi-Fi RUSH Kini Hadir ke PS5