Minggu, 08 Desember 2019
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 23 November 2019 | 21:00 WIB

Hitekno.com - Nggak banyak yang tahu, selain digunakan untuk mesin pencarian, Google juga memiliki permainan tersembunyi lho. Selama bertahun-tahun, Google telah membuat banyak game tersembunyi yang sebagian muncul dalam peringantan tertentu dalam doodle. 

Dilansir dari Make Tech Easier, berikut lima game tersembunyi yang bisa ditemukan di Google:

1. Basketball Game (Google Doodle)
Salah satu game yang muncul dalam doodle adalah perayaan Olimpiade Musim Panas 2012. Google memunculkan game bola basket melalui doodle yang muncul dalam halaman awal pencarian pada 8 Agustus 2012.

Untuk memainkannya, pengguna dapat mengakses https://www.google.com/doodles/basketball-2012. Pengguna cukup menahan tombol mouse untuk meningkatkan kekuatan lemparan hingga bola basket masuk ke dalam ring. Pengguna akan diberikan waktu terbatas untuk mencetak poin sebanyak mungkin dan seiring perkembangan permainan, pengguna harus melempar semakin jauh.

2. Magic Cat Academy (Google Doodle)
Game ini muncul untuk memperingati Halloween 2016 melalui doodle. Permainan ini sangat sederhana. Pengguna harus memainkan karakter seekor kucing perapal mantra yang menangkis sekelompok hantu.

Cara bermainnya cukup mudah. Pengguna harus menggambar garis yang sesuai dengan simbol di atas kepala hantu untuk menghalau mereka. Untuk memainkannya, pengguna dapat mengakses https://www.google.com/doodles/halloween-2016. 

3. Falling Cloud Game (Google App)
Game ini memiliki cara bermain seperti Flappy Bird. Bedanya, kali ini pengguna akan memainkan sebuah awan yang memegang payung dan harus melewati burung-burung yang lewat.

Ilustrasi Google Chrome. (Pixabay/geralt)

Ini adalah game yang disediakan Google dalam mode offline. Untuk memainkannya, matikan data internet lalu buka browser Gooogle. Ketik Falling Cloud Game pada kolom pencarian dan akan muncul pemberitahuan bahwa data ponsel pengguna telah dimatikan. Di sebelah pemberitahuan tersebut, pengguna dapat menemukan ikon awan yang bergerak.

4. Text Adventure (Google Chrome)
Game ini akan membawa pengguna kembali ke tahun 70-an. Dengan menggunakan Google Chrome, pengguna dapat mengakses game ini.

Untuk memainkannya, buka Google Chrome, lalu ketikkan Text Adventure di kotak pencarian. Selanjutnya tekan Ctrl+Shift+I, lalu ketik Yes di Konsol yang muncul. Setelahnya, Text Adventure akan dimulai.

5. Great Ghoul Duel (Google Doodle)
Game ini memiliki konsep seperti Pacman dan merupakan game yang muncul dalam doodle untuk memperingati Halloween 2018. Pengguna dan rekan satu tim akan bermain di tempat-tempat menyeramkan, mengumpulkan api kecil sebanyak mungkin untuk dibawa kembali ke markas.

Pengguna harus menghindari tim lawan yang bisa mencuri api-api yang telah dikumpulkan. Untuk memainkannya, pengguna dapat mengakses https://www.google.com/doodles/halloween-2018.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)