Jum'at, 13 Desember 2019
Agung Pratnyawan : Rabu, 27 November 2019 | 12:15 WIB

Hitekno.com - Konsol game baru Sony, PlayStation 5 sudah direncanakan akan diluncurkan pada musim libur 2020 mendarang.

Diketahui kalau konsol game baru nanti tidak lagi memakai mekanikal hard drive, melainkan sudah memakai SSD. Bukan cuma PlayStation 5, tapi juga Xbox baru.

Kabar terbarunya, PlayStation 5 akan memakai SSD buatan Samsung yang memang dirancang untuk konsol game next generation.

Kabar ini muncul dari analis ternama Daniel Ahmad melalui akun Twitter miliknya @ZhugeEX pada 25 November 2019 kemarin.

Analis ini mempostingkan sebuah slide presentasi yang menyebutkan kalau SSD Samsung ini telap dioptimalkan untuk konsol game baru.

SSD Samsung ini akan memakai teknologi NVMe yang saat ini terkenal sangat cepat. Bukan hanya untuk membaca namun juga dalam menyimpan.

Dengan optimalisasi ini, membuat loading makin cepat. Ditunjukkan pula perbandingan antara HDD, SATA SSD, dan SSD Samsung dengan NVMe yang telah dioptimalkan.

SSD Samsung dipakai konsol game baru. (PC Watch)

Diklaim kalai lama system booting HDD mencapai 49 detik, dengan SATA SSD menjadi 29 detik, namun dengan SSD Samsung NMVe ini bisa lebih cepat lagi.

Begitu juga dengan game launch, HHD butuh 38 deit, sedangkan SATA SSD butuh 13 detik, dan SSD NVMe khusus konsol game ini bisa lebih cepat lagi.

Pemakaian SSD ini bukan cuma untuk mempercepat loading PlayStation 5 saja. Namun untuk menghindari lag yang menyebalkan ketika main game.

Tak hanya di situ, HDD juga membuat masalah gambar jadi delay dari timing seharusnya. Ini membuat gambar dan audio jadi tidak singkron.

Tak hanya itu, beberapa game seperti Anthem membutuhkan SSD dengan kecepatan tinggi karena sering bolak-balik baca file dari media penyimpanan.

Kala itu Anthem jadi momok menakutkan bukan cuma pada PlayStation 4 dengan HDD, namun juga pada PC yang masih memakai HDD.

Diwartakan PC Watch, dalam gelaran Samsung SSD Forum 2019 Tokyo, perushaan asal Korea Selatan ini mempresentasikan produk SSD merekan.

Disebutkan kalau SSD Samsung digunakan pada konsol game baru pada 2020. Meski tidak spesifik mengungkap, namun dapat diduga PlayStation 5 yang dimaksud.