Jum'at, 14 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 25 Februari 2020 | 12:30 WIB

Hitekno.com - Ray Tracing bukan teknologi baru, namun belum lama ini jadi tren di dunia game. Saking populernya, ada seorang modder ubah game Need For Speed Undergroud dengan teknologi ini.

Need For Speed Undergroud sendiri adalah game balap yang diluncurkan pada 2003 yang lalu. Dan menjadi salah satu game yang populer di masa itu.

Popularitas game balap ini tidak lain karena menawarkan gameplay yang seru dan OST yang memacu adrenalin. Juga dengan setting balap liar yang gelap.

Tak heran masih banyak gamer yang mengenang Need For Speed Undergroud ini. Mungkin kamu juga salah satu penggemarnya?

Termasuk satu modder ini, yang memodifikasi game balap ini hingga bisa menggunakan teknologi Ray Tracing seperti selayaknya game modern.

Need For Speed Underground dengan mod Ray Tracing. (YouTube/ Stre1itzia)

Modder bernama Stre1itzia ini merilis mod visual Ray Tracing untuk Need For Speed Underground agar bisa merasakan teknologi modern tersebut.

Mod rilisan Stre1itzia ini mengubah simulasi tata cahaya pada game balap tersebut menggunakan Ray Tracing yang menawan.

Pastinya bukan sebuah teknologi Ray Tracing asli yang disematkan pada engine Need For Speed Underground. Ia memodifikasi dengan racikannya.

Modder ini memodifikasi mod Need For Speed Underground Redux dengan menyisipkan Screen-Space Ray Traced Global Illumination Shader buatannya memakai Pascal.

Meski bukan Ray Tracing asli, namun hasilnya sungguh menawan. Bahkan pantulan cahaya di mobil dan jalanan nampak lebih akurat dan realistis.

Sebagai kompensasi tambahan visual secantik ini, modder tersebut menyebutkan kalau game balap ini performanya turun hingga 3 kali lipat.

Sayangnya Modder ini tidak membagikan informasi lebih detail soal performa mod Ray Tracing ke Need For Speed Underground ini. Bagaimana menurutmu?