Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 03 Maret 2020 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Konsol barau Sony, PlayStation 5 masih saja belum secara resmi menunjukkan wujudnya. Berbeda dengan Xbox Series X yang resmi diungkap.

Microsoft sendiri telah memberikan sederet informasi resmi konsol game baru miliknya, Xbox Series X. Dari wujud desainnya, hingga kemampuan prosesingnya.

Resmi diumumkan, Xbox Series X bakal memiliki kemampuan prosesing hingga 12 TFLOPS. Konsol game baru ini memang dirancang untuk menghasilkan performa tinggi.

Berbeda dengan Sony, PlayStation 5 masih saja disembunyikan rapat-rapat. Belum banyak informasi resmi konsol game ini.

Dikabarkan T3, Sony segera mengenalkan seperti apa PlayStation 5 nanti. Disebutkan pula, akan ada dua varian konsol game yang diluncurkan bersamaan.

Jurnalis game asal Jepang, Zenji Nishikawa melaporkan kalau ada PlayStation 5 Pro yang memiliki kemampuan komputasi lebih tinggi dibanding versi standar.

Ia juga menyebutkan kalau kudua konsol game ini akan tersedia secara bersamaan. Yakni PlayStation 5 dan PlayStation 5 Pro.

Ilustrasi controller PlayStation. (PlayStation)

Disebutkan pula kalau Xbox Series X yang kemarin diumumkan memiliki 12 TFLOPS, bakal lebih tinggi dari PlayStation 5 standar.

Karena diduga, PlayStation 5 standar akan memiliki kemampuan komputasi cuma 9 TFLOPS. Sedangkan versi Pro akan menjadi saingan Xbox Series X.

Sebagai pembanding, PlayStation 4 sendiri hanya memiliki 1,84 TFLOPS. Sedangkan PlayStation 4 Pro punya kemampuan 4,2 TFLOPS.

Dapat dibayangkan versi standar PlayStation 5 punya kemampuan komputasi dua kali PlayStation 4 Pro. Dan berkali-kali PlayStation 4 standar.

Sedangkan Xbox Series X tiga kali lebih kuat dari PlayStation 4 Pro. Begitu juga dengan PlayStation 5 Pro juga kemampuan setinggi ini.

Xbox Series X. (Microsoft)

Dengan kata lain, dua varian konsol game Sony ini akan menghimpit Xbox Series X dari atas dan bawah secara performanya.

Sayangnya belum ada informasi soal harga dari konsol game baru ini. Namun dari bocoran sebelumnya, Sony kesulitan membuat harga PlayStation 5 lebih terjangkau.

Disebutkan sebelumnya, harga produksi PlayStation 5 akan di kisaran 600 dolar AS atau kisaran Rp 8,5 jutaan. Belum diketahui harga pasarannya nanti.

Namun sumber lain menyebutkan kalau biaya produksi konsol baru ada di angka 450 dolar AS atau sekitar Rp 6,1 jutaan.

Belum diketahui untuk harga produksi PlayStation 5 Pro yang memiliki performa setingkat konsol game Xbox Series X dengan 12 TFLOPS.