Rabu, 27 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 22 April 2020 | 18:53 WIB

Hitekno.com - Setelah melalui "pertempuran panjang" dengan Google, Epic Games akhirnya menyerah dan mendaftarkan game-nya di Play Store. Jika kamu mengecek di Google Play Store, maka kamu bisa mengunduh game Fortnite saat ini juga.

Fortnite sudah terdaftar di Google Play Store sejak tanggal 20 April 2020.

Setelah hampir dua hari berada di Play Store, game ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu kali.

Tersedianya Fortnite di Play Store tentunya menambahkan alternatif game Battle Royale dan menambahkan persaingan pada PUBG Mobile dan Garena Free Fire.

Ini membuat player bisa memainkan Fortnite tanpa menuju situs resmi Fortnite secara langsung.

Pengumuman Fortnite sudah ada di Play Store. (Twitter/ FortniteGame)

Sebelumnya, pada kuartal ketiga 2018, Epic Games sebenarnya sudah meluncurkan Fortnite agar tersedia pada platform Android, tetapi tanpa melalui Google Play Store.

Saat itu, game Fortnite dirilis langsung dari website mereka.

Keputusan ini bukan tanpa alasan. CEO Epic Games mengungkapkan kalau mereka ingin membangun relasi langsung dengan para pemain.

Alasan kedua, mereka ingin mengambil langsung keuntungan tanpa harus melalui Google. Biasanya Google memotong 30 persen pendapatan game yang ada di Google Play Store.

Game Fortnite di Play Store. (Play Store)

Meski akhirnya menyerah dan mendaftarkan Fortnite ke Play Store, namun sepertinya Epic Games masih terlihat "kesal" pada Google.

Dilansir dari Tech Crunch, setelah 18 bulan melakukan perdebatan sengit, Epic Games angkat bicara dan "terpaksa" mendaftarkan Fortnite di Play Store.

"Google menempatkan perangkat lunak yang dapat diunduh di luar Google Play dalam posisi yang kurang menguntungkan. Langkah-langkah teknis seperti pop-up keamanan dan notifikasi berulang-ulang yang menakutkan dapat mengganggu pengguna," kata juru bicara Epic Games.

Upaya baru Google Play Protect untuk memblokir perangkat lunak yang diperoleh di luar Google Play Store juga memaksa Epic Games mendaftarkan Fortnite ke Play Store.

Untuk saat ini, tampaknya Google tetap berada di atas angin, meskipun Epic Games jelas tidak puas dengan transaksi mereka dengan Google.

"Kami berharap Google akan merevisi kebijakan dan urusan bisnisnya dalam waktu dekat, sehingga semua pengembang bebas untuk menjangkau dan terlibat dalam perdagangan dengan pelanggan di Android dan di Play Store melalui layanan terbuka, termasuk layanan pembayaran, sehingga dapat bersaing di lapangan," kata Epic GAmes dalam pernyataannya.

Terlepas dari perseteruan dengan Google, ketersediaan Fortnite di Play Store tentu merupakan sebuah kabar gembira bagi gamer Android.