Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 27 April 2020 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di saat pandemi sekarang, banyak dianjurkan untuk beraktivitas di rumah saja. Dan game jadi solusi untuk hiburan agar betah di rumah. Dampaknya download game mobile melonjak tajam.

Jumlah download mobile game meroket hingga 75 persen pada Q1 2020 jika dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya.

Hasil riset yang dirilis perusahaan analis pasar Adjust ini mengungkapkan bahwa efek dari pandemi, membuat instalasi mobile game pada minggu terakhir Maret 2020 lebih banyak dua kali lipat (132 persen), jika dikomparasi dengan angka di tahun lalu.

Tak hanya jumlah pengguna, durasi bermain para pemain pun turut meningkat 47 persen lebih lama ketimbang sebelumbya. Ini menunjukkan bahwa mayoritas orang memiliki porsi bermain game lebih banyak ketika mereka menerapkan social distancing.

Temuan lainnya, Adjust juga menyoroti intensitas para pemain game kasual, yang mengalami peningkatan penggunaan sebanyak 15 persen yang terjadi antara pukul 12.00 hingga 16.00 sore.

Ilustrasi warga bermain game Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) melalui telepon pintar. [Suara.com/Oke Atmaja]

Sementara itu, game midcore memuncak pada pukul 13.00 siang. Namkan game jadi pilihan banyak orang untuk di rumah saja saat pandemi.

"Di luar peningkatan instalasi dan sesi ini, laporan menunjukkan sedikit bukti yang menunjukkan bahwa ada perubahan mendasar dalam perilaku pengguna pasca-instalasi," ujar Co-Founder sekaligus Chief Technology Officer Adjust Paul H. Muller, sebagaimana dikutip laman Rocket Gamers, Minggu (26/4/2020).

Di sisi lain, pendiri dan CEO firma keamanan aplikasi berbasis cloud, AppSealing, James Sungmin Ahn mengatakan hasil tersebut adalah kabar gembira bagi para penerbit dan pengembang game. Tapi di sisi lain, hal ini juga bisa memicu banyaknya celah keamanan kepada para pengguna.

"Namun, dengan basis pengguna yang meningkat untuk aplikasi game, ancaman dari peretas juga meningkat. Oleh karena itu, developer game juga harus mengantisipasi masalah ini," tutup Ahn.

Itulah peningkatan download game mobile yang meroket saat pandemi ini. Apakah kamu juga ikutan menghibur diri di rumah saja dengan main game? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

5 Game Keren yang Ada di Huawei App Gallery, Nggak Kalah dari PlayStore