Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 30 April 2020 | 08:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - DI tengah pandemi COVID-19 ini, ada satu developer game yang memanfaatkan fenomena untuk membuat game bertema virus corona. Yakni Coronavirus Attack, game PC yang didistribusikan lewat Steam.

Namun sebelum game tersebut menjamur kemana-mana, China memblokir game PC Coronavirus Attack karena dinilai memuat konten politis dan kontroversial.

Sebagaimana dikutip laman BBC, Kamis (30/4/2020), game besutan MythZsGame ini mengharuskan pemainnya untuk menghentikan 'zombie egois' ingin kabur dari negara yang sedang terinfeksi virus.

MythZsGame mengatakan, Coronavirus Attack diblokir di China daratan lantaran dilaporkan oleh para pemain dan pengguna Steam.

Pasalnya, sampul game PC ini menggunakan skema warna yang digunakan mirip dengan bendera China yaitu merah dan kuning.

Tapi bintang-bintang yang ada di sisi kiri atas digantikan dengan animasi berbentuk virus Corona. Inilah yang dinilai mengandung muatan politis dan kontroversial, mengingat kasus pertama Covid-19 bermula dari Wuhan, China.

Tak hanya itu, kontroversi lainnya juga terlihat pada item lencana dari Steam yang mencakup 'Liberate Honk Kong' dan 'Taiwan is not in China' yang dijadikan sebagai hadiah permainan.

Game PC Coronavirus Attack buatan MythZsGame. (Steam)

Pernyataan ini tentu mengundang kegeraman masyarakat China karena bertentangan dengan kebijakan One China Policy.

Meskipun sudah ditarik dari China, namun pengguna Steam di luar negara tersebut masih bisa memainkannya.

Hanya saja, komentar atau ulasan pengguna terhadap game Coronavirus Attack cenderung miring sehingga mereka menyerukan agar Steam secara permanen memblokir game ini secara global.

"Bayangkan membuat game untuk bercanda tentang situasi pandemi di seluruh dunia, menggunakan kematian orang-orang sebagai hiburan," tulis seorang pengguna Steam dalam ulasannya.

Di balik pembuatan game kontroversial ini, MythZsGame mengakui bahwa Coronavirus Attack memang dibuat sebagau bentuk protes terhadap pemerintah China.

Mereka tidak senang dengan cara pemerintah China menangani pandemi virus Corona yang terkesan tertutup kepada publik.

Itulah game PC Coronavirus Attack buatan MythZsGame yang diblokir pemerintah China karena terkait virus corona. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Trailer Terbaru Nightingale Jelang Early Access, Ungkap Banyak Hal