Sabtu, 05 Desember 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 24 Juni 2020 | 14:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mata pelajaran sejarah untuk anak-anak di Sekolah Menengah Atas (SMA) Polandia tahun ini menggunakan game sebagai bahan pembelajaran.

Game yang yang diberi nama This War of Mine ini pemain akann berperan sebagai warna negara Bosnia yang mencoba bertahan dari Pengepungan Sarajevo.

Game bergenre survival masa perang yang dirilis pada 2014 ini, merupakan game pertama yang resmi dimasukkan dalam sistem pendidikan nasional di suatu negara.

Pengembang sekaligus penerbit This War of Mine, 11 Bit Studios, juga mengumumkan pencapaiannya melalui akun Twitter @11bitstudios pada 18 Juni.

"Bersama dengan @PremierRP dan Kementerian Pendidikan, kami baru saja mencapai langkah penting dalam mengenali sebagai karya budaya! @ThisWarOfMine menjadi bacaan yang direkomendasikan untuk siswa sekolah menengah dalam sistem pendidikan Polandia!" cuit 11 Bit Studios.

Penambahan ini pun dikonfirmasi oleh Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki.

"Kaum muda menggunakan game untuk membayangkan situasi tertentu dengan cara tidak lebih buruk daripada membaca buku. Dengan memasukkan game ke dalam sistem pendidikan, kami akan memperluas imajinasi dan membawa sesuatu yang baru ke dalam budaya," ucap Morawiecki, seperti dilansir dari IGN, Rabu (24/6/2020).

This War of Mine akan diklasifikasikan sebagai "bacaan" opsional bagi siswa yang belajar sosiologi, etika, filsafat, dan sejarah selama tahun akademik 2020-2021.

Postingan PremierRP. [Twitter]

Game ini dapat dimainkan secara gratis bagi para siswa. Tetapi para siswa harus memenuhi peraturan batasan umur 18 tahun ke atas untuk memainkannya.

"Game berbicara dalam bahasa yang secara naluriah dapat dimengerti oleh generasi muda. Game dapat berbicara tentang segalanya, emosi, kebenaran, pertarungan antara yang baik dan yang jahat, kemanusiaan, penderitaan," tulis CEO 11 bit Studios, Grzegorz Miechowski dalam sebuah cuitan.

This War of Mine terinspirasi dari Pengepungan Sarajevo yang terjadi pada 5 April 1992 hingga 29 Februari 1996. Ini merupakan pengepungan terlama dalam sejarah modern. Menurut Morawiecki, game ini berbeda dengan kebanyakan game komputer lainnya yang menembak, mengejar, ataupun balapan. 

Pada game ini, pemain harus bisa bersembunyi dalam posisi seseorang yang harus selamat dari sebuah peperangan brutal.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Makin Sukses, Genshin Impact Raih iPhone Game of the Year di App Store