Selasa, 01 Desember 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 26 Juni 2020 | 09:45 WIB

Hitekno.com - Sony baru saja membuka program bug bounty untuk publik dan bersedia bagi siapa saja yang bisa membobol PlayStation 4 dan menjalankan kode yang tidak seharusnya.

Pada program ini Sony ingin menantang dan kemampuan untuk menemukan celah di PlayStation 4 dan Sony siap memberikan imbalan yang jumlahnya hingga Rp 700 juta.

Program yang dibuat Sony ini memiliki tujuan untuk siapapun yang menemukan celah keamanan yang membahayakan pada PlayStation 4 atau PlayStation Network itu sendiri.

Hal ini ingin diketahui Sony sejauh mana celah tersebut, sebelum ada orang lain yang menemukan dan menyalahgunakan.

Dalam unggahan tantangan tersebut Sony cukup spesifik mengenai temuan bug yang mereka cari.

Ilustrasi konsol PlayStation 4. (Pixabay/ InspiredImages)

 

Sony ingin mencari siapa yang bisa menyerang sistem PlayStaion 4, sistem operasi, aksesori, PlayStation Network dan website terkait.

Bagi peneliti yang dapat menemukan celah keamanan PlayStation Network, Sony akan memberikan imbalan sebesar 100-3.000 dolar AS atau lebih dilihat dari seberapa parah bug tersebut ditemukan.

Untuk peneliti yang menemukan celah di PlayStation sendiri akan mendapatkan imbalan yang lebih besar.

Sony sudah menyiapkan 500-50.000 dolar AS atau sekitar Rp 700 juta.

Dilansir dari Tech Crunch, program bug bounty ini sebelumnya sudah berjalan secara diam-diam dengan beberapa peneliti, namun kali  ini Sony membukanya untuk umum dan mengumumkan tantangan ini.

Program bug bounty sendiri Sony bekerja sama dengan HackerOne, sebuah platform yang menjalankan program bug bounty untuk beberapa perusahaan teknologi lainnya seperti Twitter, Snapchat hingga Uber.

Sebelum Sony, Microsoft telah lebih dulu meluncurkan program bug bounty untuk Xbox pada Januari 2020 lalu.

BACA SELANJUTNYA

Laku Keras, Bos Sony Ungkap Penjualan Fantastis PlayStation 5