Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 Juli 2020 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Game VR dianggap teknologi yang menjanjikan, tak heran beberapa pihak pun terjun mengembangkan. Termasuk Sony yang telah menghadirkan PlayStation VR.

Belum lama ini, Sony telah mematenkan cara untuk menampilkan iklan ke game VR. Yang memungkinkan mereka untuk maraup keuntungan dari sana.

Di kutip HiTekno.com dari Gamerant, Sony telah mendaftarkan paten cara menampilkan iklan game VR ini ke badan paten Amerika Serikat (AS).

Paten tersebut juga telah ditampilkan di situs resmi milik badan paten AS. Lengkap dengan diagram yang telah didaftarkannya.

Dari sini kita bisa melihat bagaimana nantinya jika Sony menyematkan iklan ketika kamu sedang memainkan game VR.

PlayStation VR. (Sony)

Namun tenang saja, iklan di game VR ini tidak akan memenuhi seluruh tampilan permainan. Sehingga pandangan pemain masih bisa melihat game.

Dalam dokumen paten Sony tersebut, iklan akan ditampilkan di sisi atas dari tampilan game. Area lainnya akan bersih.

Gambar kedua, menampilkan iklan ada di sisi luar game VR sehingga menyisakan area eclipse atau lingkaran di tengah. Iklan akan tampil di pojokan permainan.

Dengan cara itu, pemain masih bisa melihat permainan dengan baik. Meski area pengelihatan mereka menyempit karena adanya iklan.

Tentu saja paten ini masih sekadar konsep untuk mengamankan ide. Belum ada konfirmasi apakah Sony akan memasang iklan di game VR.

Paten iklan di game VR yang didaftarkan Sony. (United States Patent and Trademark Office)

Pemasangan iklan di game bukan hal baru, sudah banyak dilakukan oleh game-game gratis. Terutama di game mobile yang mengandalkan iklan sebagai pemasukan.

Namun konsep ini masih belum banyak ditemui pada platform lain. Terlebih dalam game VR yang usianya cenderung masih muda.

Itulah paten yang didaftarkan Sony untuk ide bagaimana menampilkan iklan di game VR. Akankah di masa depan diterapkan untuk game gratis?

BACA SELANJUTNYA

Calon HP Lipat Anyar, Begini Desain Sony Xperia Compact