Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 03 Juli 2020 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perang konsol game telah bersiap memasuki generasi berikutnya, yakni dengan resmi dikenalkannya PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Kabar paling baru, menduga harga game pada konsol game next-gen ini akan mengalami pelonjakan dibanding generasi sekarang.

Dikutip HiTekno.com dari Gamesindustry.biz, harga game di PlayStation 5 dan Xbox Series X mengalami lonjakan sampai 10 persen.

Peningkatan ini disampaikan dari analisis data IDG Consulting. Disampaikannya, beberapa publisher ternama nampak kompak melakukan kenaikan harga.

Hal ini sudah terlihat dari diungkapnya harga NBA 2K21, yang naik 10 persen untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X nanti.

Disebutkan kalau game NBA 2K21 varsi konsol game nex-gen tersebut akan menjadi 69,99 dolar AS atau meningkat 10 persen dibanding harga game AAA sekarang.

Harga game AAA sekarang jika tidak diskon ada di kisaran 59,99 dolar AS. Harga yang banyak diterapkan publisher untuk game PlayStation 4 dan Xbox One.

PlayStation 5 vs Xbox Series X. (HiTekno.com)

Yoshio Osaki, CEO IDG Consulting berbicara kepada Gamesindustry.biz menyampaikan beberapa publisher game tengah mempertimbangkan kenaikan harga game tersebut.

Hal ini dipicu oleh stagnan-nya harga game sejak era PlayStation 3 dan Xbox 360 pada 2005. Yakni sekitar 59,99 dolar AS.

Di lain sisi, biaya pengembangan game juga makin meningkat. Bahkan Yoshio Osaki menyampaikan adanya kenaikan 200 hingga 300 persen.

Kenaikan biaya produksi game ini tergantung dengan IP, studio, dan genre apa yang dikerjakan. Namun harga game masih stagnan sejak era itu.

Ditambah harga hiburan lain seperti film juga dikabarkan telah meningkat 39 persen. Dan biaya langganan streaming film dan TV kabel meningkat 100 persen.

"Kenaikan harga dari 59,99 dolar AS ke 69,99 persen memang tidak akan menutupi kenaikan biaya pengembangan game, namun peningkatan tersebut berjalan ke arah yang seharusnya," ucap Yoshio Osaki.

Ia juga menambahkan tidak semua harga game PlayStation 5 dan Xbox One akan naik. Namun yang mengalaminya diduga pada game AAA baru nanti.

BACA SELANJUTNYA

Seagate Game Drive PS5 NVMe SSD Resmi Rilis, Berapa Harganya