Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 08 Oktober 2020 | 15:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah resmi mengungkap harga dan wujud dari PlayStation 5 atau PS5, Sony kembali membuat kejutan dengan mengunggah video membongkar konsol game baru ini.

Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana konsol game ini secara detail. Dari part-part yang disertakan, hingga proses pembongkaran dalam PS5.

Melalui yang diunggah di channel YouTube PlayStation, kita bisa melihat dari stand yang memang dirancang untuk menyangga konsol game ini secara vertikal maupun horizontal.

Lalu nampak bagaimana dengan mudahnya staf Sony ini membongkar panel samping dari PlayStation 5 tersebut. Dan kita melihat sistem pendingin yang digunakan.

Dari sini pula kita bisa melihat slot M.2 yang bisa digunakan untuk upgrade SSD. Berbeda dengan Xbox Series X yang tinggal colok dari belakang.

Mainboard dan slot M.2 SSD. (Sony)

Menariknya, konsol game ini memakai sistem pendingin yang sangatlah besar. Bukan cuma kipas pendingin yang berukuran jumbo.

Namun heatsink berukuran besar, tidak ketinggalah menggunakan heatpipe tanpa vapor chamber. Dan sistem pendinginan liquid metal pada chip PS5.

Sony juga tidak ketinggalan memberikan lorong khusus yang didesain untuk menangkap debu-debu di dalam PlayStation 5 ini.

Kipas dan heatshink PlayStation 5. (Sony)

Dalam video pembongkaran PlayStation 5 ini kita juga bisa melihat komponen penting lain dalam konsol game berukuran jumbo tersebut.

Terutama kostum chip dari AMD yang berisi CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU RDNA 2. Di sekitarnya terdapat sistem memori atau RAM GDDR6 16 GB.

Heatshink dan liquid metal PlayStation 5. (Sonya)

Kita juga bisa melihat chip SSD sebagai memori internal konsol game ini. Yakni kostum SSD dan kontroler yang telah tertanam dalam mainboard PlayStation 5.

Sama seperti PlayStation 4, kita bisa melihat konsol game ini memakai power supply tertanam di dalamnya. Sehingga tidak perlu adaptor besar di luar.

Lebih lengkapnya, simak video pembongkaran PlayStation 5 berikut ini.

Dari video di atas, kita bisa melihat bagaimana Sony mendesain sistem pendingin konsol game ini sangatlah besar. 

Sehingga sistem pendingin ini memakan banyak ruang di dalam body PlayStation 5. 

PlayStation 5. (Sony)

Itulah bagaimana jika PlayStation 5 dibongkar, kita bisa melihat kenapa konsol game ini memiliki ukuran yang sangatlah besar.

BACA SELANJUTNYA

LEGO 2K Drive Akhirnya Rilis Global, Tersedia di Berbagai Platform