Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 04 November 2020 | 06:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meraih hype besar saat perilisannya, ternyata pendapatan Genshin Impact berbanding lurus dengan banyaknya antusias para pemain. Mengungguli pendapatan game PUBG dalam satu bulan, Genshin Impact berhasil meraih 250 juta dolar AS atau Rp 3,6 triliun.

Perusahaan riset aplikasi, Sensor Tower, menyebutkan bahwa Genshin Impact bisa menjadi game seluler terbesar yang pernah diluncurkan.

Dikutip dari situs Sensor Tower, Genshin Impact tercatat telah mengumpulkan 60 juta dolar AS atau Rp 874 miliar hanya dalam seminggu setelah diluncurkan.

Pendapatan mereka ini mengungguli Honor of Kings dari Tencent, PUBG Mobile dari Tencent, Pokémon GO dari Niantic, dan Monster Strike dari Mixi.

Sensor Tower Game Taxonomy menyebutkan bahwa Genshin Impact adalah peluncuran game RPG seluler terbesar di Amerika Serikat.

Genshin Impact. (miHoYo)

Hingga saat ini, para player game RPG Genshin Impact di negeri Paman Sam telah mengeluarkan 45 juta dolar AS atau Rp 656 miliar.

Genshin Impact mengungguli game RPG lain di AS seperti Fire Emblem Heroes (13 juta dolar AS) dan The Seven Deadly Sins dari Netmarble (10 juta dolar AS).

China merupakan pasar terbesar bagi pemain yang berbelanja di Genshin Impact.

Gamer di China telah memainkan Genshin Impact dan mengeluarkan sekitar 82 juta dolar AS atau Rp 1,2 triliun atau sekitar 33,5 persen dari pendapatan di keseluruhan penghasilan game.

Jepang menyumbang sekitar 24 persen pasar sementara Amerika Serikat dengan 18,3 persen. Dalam kurun waktu 28 September hingga 27 Oktober 2020, Genshin Impact menjadi game teratas dengan penghasilan 250 juta dolar AS atau Rp 3,6 triliun.

Genshin Impact memimpin pada deretan Top Grossing Game dengan penghasilan tertinggi. (Sensor Tower)

Mereka mengungguli game MOBA Honor of King dan battle royale PUBG Mobile. Honor of Kings di tempat kedua dengan penghasilan 216 juta dolar AS (Rp 3,1 triliun) dan PUBG Mobile di tempat ketiga dengan 195 juta dolar AS (Rp 2,8 triliun).

Analis senior sekaligus ahli di industri game China, Daniel Ahmad, mengungkapkan bahwa miHoYo telah menciptakan RPG dunia terbuka yang sangat dalam dan dapat diakses semua orang.

"Genshin Impact adalah contoh yang bagus tentang bagaimana developer China berhasil di Barat dengan berfokus pada nilai produksi yang tinggi, mekanisme permainan yang populer, dan sistem perkembangan yang dalam," kata Daniel Ahmad.

Melihat antusiasme dan banyaknya orang yang memainkannya, bukan tidak mungkin Genshin Impact bakal memecahkan rekor pendapatan pada beberapa waktu ke depan.

BACA SELANJUTNYA

Trailer Terbaru Nightingale Jelang Early Access, Ungkap Banyak Hal