Rabu, 03 Maret 2021
Agung Pratnyawan : Sabtu, 20 Februari 2021 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Esports makin ramai saja, bahkan di ranah game mobile. Dari Free Fire hingga Mobile Legends, saling bersaing dalam menggelar kompetisi. Namun ternyata PUBG Mobile jadi yang terpopuler di antara pesaingnya.

Hal ini diungkap oleh riset Esports Charts terbaru, yang mendapati PUBG Mobile sebagai game Esports mobile paling banyak ditonton sepanjang 2020 kemarin. Bahkan sukses mengalahkan dua game mobile saingannya.

Game mobile besutan Tencent ini sukses mendapatkan 134,5 juta penonton sepanjang 2020 silam. Di peringkat kedua ada Free Fire dengan mengantongi 132,2 juta penonton, dan Mobile Legends di peringkat tiga dengan 106,1 juta penonton.

Menurut dapat Esports Charts, masih ada Arena of Valor yang ikut menyusul di peringkat empat dengan mendapatkan 93,9 juta penonton. Mengejutkannya, peringkat lima ada Clash Royale yang mendapatkan 6,9 juta penonton sepanjang 2020.

Terlihat dari data ini, hanya Free Fire yang sesama game mobile battle royal saja yang bisa mendekati pencapaian PUBG Mobile. Sedangkan Mobile Legends dan Arena of Valor masih tertinggal jauh.

Game mobile terpopuler di ranah Esports. (Esports Charts)

 

Esports Charts juga menyoroti Mobile Legends yang seharusnya bisa bersaing ketat dengan dua game populer di atas. Namun dikarenakan M2 World Championship diundur ke Januari 2021 sehingga datanya tidak dimasukkan.

Namun menariknya, kompetisi game mobile ini yang mendapati jumlah penonton tertinggi adalah MPL Indonesia Seasons 6. Turnamen Esports ini menyumbang 68 persen dari jumlah penonton Mobile Legends sepanjang 2020.

Baik Free Fire maupun PUBG Mobile, banyak mendapatkan penonton dalam kejuaran dunia mereka. Namun beberapa kompetisi regional, ternyata juga menyumbang pencapaian dua game mobile battle royale ini.

Di bawah game Esports mobile populer di atas, juga masih ada sejumlah judul-judul lain. Meski tidak mendapatkan pencapaian penonton sesignifikan empat game tersebut. Salah satunya adanya Clash Royale yang jauh terpaut hanya mendapatkan 6,8 juta penonton.

Selain itu, masih ada beberapa game mobile seperti Brawl Stars, Call of Duty Mobile, Summoners Wars, dan League of Legends: Wild Rift yang cukup populer namun kompetisi Esports mereka belum mampu masuk ke daftar ini.

  1. PUBG MOBILE
  2. Garena Free Fire
  3. Mobile Legends: Bang Bang
  4. Arena of Valor
  5. Clash Royale

Bagaimana dengan 2021 mendatang? Apakah PUBG Mobile bisa mempertahankan sebagai game mobile terpopuler di ranah Esports. Atau bisa tersaingi Mobile Legends yang sudah memulai kompetisi dunia sejak awal tahun?

BACA SELANJUTNYA

Jadwal MPL Hari Ini, Bisakah EVOS dan Alter Ego Mencuri Poin?