Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 21 Februari 2021 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penggemar eSports di Tanah Air patut berbangga mengingat beberapa tim berbasis di Indonesia berhasil masuk dalam daftar Top Global Esports Team Januari 2021. Cukup menggembirakan, BTR, RRQ, dan EVOS masuk posisi lima besar.

Dikenal memiliki rivalitas sengit, terutama di MPL Mobile Legends, RRQ dan EVOS berhasil masuk dalam jajaran tim eSports terbaik versi Shareablee.

Data yang dipamerkan oleh Shareablee, perusahaan data monitoring berbasis di New York Amerika Serikat diambil berdasarkan jumlah total "action" dari penggemar mereka di media sosial.

Dalam situs resminya, Shareablee mengklaim bahwa mereka telah melacak lebih dari 170 indeks halaman media sosial utama tim eSports global.

Perusahaan mengumpulkan action penggemar untuk halaman tim utama mereka di Facebook, Instagram, dan Twitter, lalu memberi peringkat tim berdasarkan jumlah action yang mereka terima di bulan itu.

Top Global Esports Team Januari 2021. (Shareablee.com)

Hasilnya, FaZe Clan yang terkenal dengan tim CS GO asal Amerika Serikat memuncaki daftar dengan total 9,6 juta action. Jumlah audience mereka juga paling besar yaitu sekitar 16 juta orang.

Cukup menggembirakan, di bawahnya terdapat tim asal Indonesia yaitu Bigetron Esports. Tim kebanggaan Tanah Air yang cukup terkenal pada divisi PUBG Mobile-nya di tingkat dunia (Bigetron RA) ada di peringkat kedua dengan 6,8 juta action.

Tak hanya itu, Bigetron Alpha, divisi di pro scene Mobile Legends juga meraih beberapa prestasi. Sang Robot Merah tercatat pernah menyabet beberapa penghargaan termasuk Juara 1 MLI Indonesia Qualifier, Juara 1 Redbull Gold Cup Indonesia, dan juga Juara Tiga MPL Indonesia Season 6.

Logo Bigetron Alpha. (Dok MPL)

Sebelum ini RRQ juga telah masuk di Top 10 Global Esports Team pada 2020 lalu. Bedanya, kini mereka ditemani dengan EVOS dan Bigetron pada data terbaru Januari 2021.

RRQ Hoshi sendiri memiliki banyak penghargaan terutama di MPL. Sang Raja pernah menyabet gelar bergengsi termasuk MPL Indonesia Season 2, MPL ID Season 5, MPL ID Season 6, dan juga juara di MPL Invitational Season 1.

Logo RRQ. (Dok. MPL Indonesia)

Sama seperti 2020 lalu, RRQ masih menghuni peringkat ketiga. Mereka mendapatkan hampir 4,6 juta action selama Januari 2021.

EVOS berada di peringkat keempat dengan 3,4 juta action selama Januari 2021. Tim Macan Putih itu sebenarnya memiliki audience lebih banyak (5,3 juta) dari RRQ namun mempunyai action lebih sedikit.

Terkait divisi Mobile Legends, EVOS Legends juga telah meraih gelar bergengsi termasuk M1 World Championship dan juara MPL Indonesia Season 4. 

Logo EVOS. (Facebook/ EVOS Esports)

Sebaliknya, RRQ memiliki jumlah audience lebih sedikit (hampir 3 juta) namun mempunyai jumlah action lebih banyak.

Beberapa tim dengan peringkat keenam hingga kesepuluh termasuk G2 Esports, Team Secret, NRG, PaiN Gaming, T1 League of Legends, dan Natus Vincere. Daftar Top Global Esports Team Januari 2021 menujukkan bahwa Indonesia memiliki basis penggemar banyak dan juga interaksi tinggi di bidang eSports.

BACA SELANJUTNYA

UniPin Ladies Series Season 3: Ajang Unjuk Gigi Tim-Tim MLBB Perempuan Terbesar di Tanah Air