Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 14 Maret 2021 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nvidia disebut-sebut kembali menyiapkan kartu grafis khusus untuk mining atau menambang koin kripto. Sebagai tindak lanjut dari tingginya permintaan miner untuk keperluan mining koin kripto ternama seperti Ethereum.

Persuahaan yang berciri warna hijau ini memang memiliki arsitektur khusus yang disiapkan untuk menambang koin kripto. Yakni Nvidia CMP HX, yang dibuat untuk kartu grafis dedicated penamambangan Cryptocurrency.

Bahkan disiapkan berbagai variasi chip dengan beragam tingkat performa mining, terutama untuk perhitungan hash rate Ethereum. Dimulai dari 26 MH/s terendah dengan 125 watt, hingga 86 MH/s jadi varian tertingginya pada 320 watt.

Bukan sekedar chip saja, paling baru telah didapati penampakan kartu grafis dengan chip khusus penambang Ethereum ini. Yakni bocoran dari perangkat yang dibuat oleh Gigabyte seperti yang dimuat Videocardz.com.

Terlihat kartu grafis dengan logo Gigabyte pada dua kipasnya dengan wujud mirip pada umumnya VGA. Diketahui perangkat ini untuk mining, dari tidak tersedianya port video seperti display port dan HDMI.

Bocoran kartu grafis Nvidia untuk mining. (videocardz)

Videocardz.com mendapati kalau beberapa GPU khusu mining ini memiliki banyak kemiripan dengan versi GeForce yang hadir untuk para gamer. Seperti Nvidia CMP 30HX yang memiliki kode TU116-100 diketahui memiliki spesifikasi mirip dengan GeForce 1660 Super.

Dengan kemampuan 26 MH/s pada 125 watt, GPU dengan RAM 6 GB ini ditengarai setingkat dengan GeForce RTX 3060 yang terkena limitasi algoritma anti-mining Nvidia. Akankah ini nanti akan jadi altrnatifnya?

Dari penampakannya ini pula, diduga kalau para produsen telah mulai produksi kartu grafis khusus mining ini. Terlebih sedang tingginya permintaan dari para miner seiring tinggnya nilai koin kripto seperti Bitcoin dan Ethereum.

Spesifikasi GPU Nvidia untuk mining. (videocardz)

Sebagai informasi, saat ini ketersediaan kartu grafis di pasaran sangatlah terbatas. Diduga banyak yang dibeli para miner untuk rig menambang koin kripto mereka. Terutama untuk kelas high-end hingga mainstram.

Dampaknya, beberapa game yang ingin upgrade VGA tidak kebagian barang. Begitu juga para profesional yang membutuhkan kartu grafis seperti editor maupun 3D artis, terkendala untuk upgrade dan rakit PC baru.

Bocoran kartu grafis Nvidia untuk mining. (videocardz)

Kita nantikan saja apakah benar Nvidia akan kembali meluncurkan kartu grafis khusus untuk mining koin kripto seperti Ethereum. Akankah jadi solusi bagi gamer dan mereka yang ingin merakit PC tapi tidak kebagian VGA?

BACA SELANJUTNYA

Nvidia Kerja Sama Bareng MediaTek, Mau Bikin Apa, nih?