Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 19 Maret 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) termasuk game MOBA yang cukup populer di Asia Tenggara. Kabar menarik, tim eSports Mobile Legends asal Indonesia mendominasi tim MLBB terpopuler di dunia.

Esports Charts, penyedia layanan analitik data pasar eSports baru saja merilis daftar tim eSports terpopuler yang disusun berdasarkan jumlah pemirsa dan jam tayang.

Data itu menempatkan RRQ Hoshi sebagai pemuncak tim terpopuler MLBB di dunia. Peraih tiga gelar MPL Indonesia itu memiliki 23,8 juta pemirsa dari 103 jam video yang ditonton.

Alter Ego yang beberapa waktu lalu meraih gelar MPL Invitational Season 2 menyabet peringkat kedua dengan jumlah 17,6 juta viewer.

Mereka menghasilkan jam video ditonton lebih banyak yaitu 141 jam. EVOS Legends sebagai peraih M1 World Championship dan pemuncak MPL Season 4 menempati peringkat ketiga dengan jumlah 16,3 juta viewer dari 97 jam ditonton.

RRQ jadi tim MLBB terpopuler di dunia berdasarkan data Esports Charts. (Dok. MPL Indonesia)

Posisi keempat diraih oleh pemuncak MPL Season 3, ONIC Esports dengan 14 juta viewer dan 92 jam ditonton. Bigetron Alpha yang juga tim tangguh asal Indonesia menempati peringkat kelima dengan 9,7 juta penonton.

Selanjutnya, Genflix Aerowolf dan Geek Fam menempati peringkat keenam dan kesepuluh dengan jumlah penonton masing-masing 8,9 juta serta 7,5 juta.

Posisi ketujuh ditempati oleh Execration, ONIC Esports PH, dan Bren Esports yang ketiganya berasal dari Filipina. Bren Esports yang meraih piala M2 World Championship berhasil menggaet 7,6 juta penonton.

Tim MLBB Terpopuler di Dunia. (Esports Charts via Instagram_mpl.id.official)

Esports Charts juga pernah mengeluarkan data mengenai bahasa yang paling banyak digunakan oleh penonton piala dunia eSports Mobile Legends, M2 World Championship.

Hasilnya, paling banyak didominasi penonton dari Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara.

Mengingat basis penontonnya sangat banyak, cukup masuk akal apabila tim terpopuler berdasarkan viewer didominasi juga oleh Indonesia dan sebagian kecil Filipina.

Ini menandakan eSports di Indonesia dan juga tim profesional Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) memiliki pangsa pasar cukup besar. Itulah tadi data tim MLBB terpopuler di dunia berdasarkan eSports Charts, mana tim eSports favorit kalian?

BACA SELANJUTNYA

7 Tim Free Fire yang Akan Bertarung di FFML Season 8 dari FFNS