Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 11 April 2021 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penipuan kini makin marak, kini para pealku phishing memanfaatkan stok PlayStation 5 yang makin menipis karena pandemi. 

Para hacker memanfaatkannya dengan menawarkan kesempatan memenangkan PS5 (Phishing giveaway).

Seperti kebanyakan phishing, dengan pemeriksaan yang cermat dapat mengungkap hal yang mencurigakan. Email phishing berisi penawaran kesempatan memenangkan PlayStation 5.

Sedangkan pengirim di balik tampilan email tidak jelas keasliannya, yang juga mencurigakan adalah bahwa persyaratan dan ketentuan (huruf sangat kecil di bagian bawah pesan, kerap tidak terbaca kebanyakan orang), menyebutkan perusahaan yang sama sekali berbeda.

Kaspersky, perusahaan cybersecurity asal Rusia, mengingatkan agar kita harus selalu memperhatikan sejumlah elemen yang mencurigakan dan inkonsistensi dalam bahasa.

Selanjutnya, para hacker meminta kamu mendaftarkan alamat email. Para penipu hanya membutuhkan alamat emailmu untuk memulai aksi

Sebagai contoh, tercantum situs web berlogo Amazon, meskipun dengan URL tidak terlihat seperti amazon.com.

Ilustrasi phising. [Shutterstock]

Menariknya, dalam email itu disebutkan satu dari 10 pengunjung beruntung dapat memenangkan konsol dalam pekan ini, tetapi kamu harus melakukan konfirmasi hanya dalam 18 detik berikutnya.

Contoh lain dari taktik phishing yang cukup efektif, meningkatkan rasa cemas dengan batasan waktu buatan dan orang-orang akan panik dan terburu-buru alih-alih waspada untuk menerapkan pemikiran kritis.

Contohnya, “Selamat! Anda telah memenangkan hadiah! Tidak percaya keberuntungan Anda? Berikut ini adalah review dari “pemenang sebelumnya”.

Upaya ini untuk meningkatkan semangat dan menjaga kewaspadaan mu tetap rendah. Berikutnya pelaku melakukan permintaan alamat, kode pos, nomor telepon, dan email, dan beberapa permintaan sebagian besar masuk akal dalam konteks mengatur pengiriman hadiah.

Langkah terakhir adalah memberikan detail perbankanmu. Tidak sekedar mentransfer sejumlah uang, tapi juga kode CVV.

Itulah tadi modus penipuan phishing yang memanfaatkan giveaway PlayStation 5, kamu harus hati-hati ya. (Suara.com/Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Ramai Penipuan di Email Gmail, Google Sampai Harus Turun Tangan Sebarkan Peringatan