Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 23 April 2021 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nokia NGage, menjadi HP gaming legendaris yang sangat populer di masanya. Menariknya, game dari perangkat lawas ini kini bisa dimainkan di HP Android. Tidak lain karena adanya emulator.

Nokia NGage sendiri dikenal mengguna sistem operasi Symbian, salah satu OS populer pada akhir 1990 dan awal 2000-an. 

Berkat sistem operasi Symbian ini pula, HP gaming legendaris dari Nokia ini memiliki sejumlah game menarik dibanding ponsel di masanya.

Ponsel buatan Nokia ini menghadirkan layar di tengah dan tombol arah atau menu di sisi kirinya. Sedangkan tombol numerik ada di sisi kanannya. Kedua sisi tersebut bisa difungsikan sebagai tombol untuk bermain game.

Kini ponsel tersebut sudah tidak lagi diproduksi Nokia. Namun jika ada yang kangen, mereka bisa menghadirkan NGage ke perangkat Android miliknya.

Iklan jadul Nokia NGage. (Istimewa)

Dikutip dari XDA Developers, Kamis (22/4/2021), Game Nokia NGage bisa dibawa ke Android dengan emulator bernama EKA2L1 yang meniru OS Symbian versi S60v1, S60v3, dan S60v5, atau versi ponselnya seperti Nokia 7650, Nokia N95, Nokia E50, dan Nokia 5800 XpressMusic.

Emulator ini juga menawarkan kompabilitas dengan beberapa game yang dibuat untuk NGage seperti Crash Bandicoot Nitro Kart 3D, The Sims 2 Pets, Tomb Raider: Legends, Worms War Party, Assassin's Creed, Rayman 3, 7 Days Salvation, dan Lament Island.

Saat ini, emulator telah menawarkan versi Android dan bisa diunduh di laman Google Play Store. Menurut laporan, emulator bisa bekerja untuk perangkat Android 64-bit. Namun, ada juga dukungan eksperimental untuk versi 32-bit.

Jika digunakan dengan perangkat lunak yang kompatibel, EKA2L1 dapat menjalankan game pada frame rate lebih tinggi daripada perangkat Symbian asli.

Selain emulator, pengguna juga mesti memerlukan file game. Sebab, emulator tidak menyediakan ROM game dan harus mendapatkannya secara terpisah.

Itulah kemunculan emulator EKA2L1 yang memungkinkan menjalankan game dari Nokia NGage ke HP Android. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Apakah Bisa Main Mobile Legends di PC Tanpa Emulator?