Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 05 Juli 2021 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ni no Kuni: Cross Worlds berhasil menjadi game RPG dengan pendapatan fantastis dalam kurun waktu 11 hari. Rekor jumlah dan waktu pendapatannya bahkan lebih cepat dibandingkan Genshin Impact atau Pokemon Go.

Sebagai informasi, Ni no Kuni: Cross Worlds telah diluncurkan pada 10 Juni 2021 di wilayah Jepang dan Asia Timur. Game mobile dari Netmarble ini tersedia melalui App Store dan Google Play untuk beberapa wilayah tertentu.

Rilis global rencananya dijadwalkan pada awal 2022 mendatang. Dikutip dari Screenrant, game RPG ini dikembangkan oleh Netmarble dan diterbitkan oleh Level-5 untuk Android dan iOS.

Cikal bakal Cross Worlds terungkap di G-Star pada November 2019 dengan rilis yang awalnya ditetapkan pada akhir 2020. Akhirnya game dirilis sebagai RPG free-to-play pada 10 Juni 2021 dan debut di Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

Beberapa wilayah yang menjadi debut rupanya merupakan pasar potensial bagi game RPG Ni no Kuni: Cross Worlds.

Ni No Kuni Cross Worlds. (Level-5)

Menurut data yang dibagikan oleh Sensor Tower, Ni no Kuni: Cross Worlds berhasil meraup pendapatan sekitar 101,3 juta dolar AS atau Rp 1,47 triliun hanya dalam 11 hari setelah diluncurkan.

Itu adalah sebuah tonggak prestasi tersendiri mengingat Pokemon Go mencapai pendapatan 100 juta dolar AS dalam waktu 12 hari. Sementara Genshin Impact yang meraih hype cukup tinggi membutuhkan waktu 13 hari untuk mencapai pendapatan yang sama.

Sensor Tower mencatat bahwa Jepang merupakan wilayah yang berperan penting dalam kepopuleran Ni no Kuni: Cross Worlds.

Game RPG dengan pertumbuhan paling cepat pada 10 hingga 20 Juni 2021. (Sensor Tower)

Penggemar di wilayah tersebut menghabiskan 45,6 juta dolar atau Rp 664 miliar dalam 11 hari setelah peluncuran awal. Korea Selatan menyumbang sekitar 35 persen dari pengeluaran pengguna, dan pasar Taiwan sebesar 15,7 persen.

Ni No Kuni: Cross Worlds juga menempati peringkat puncak RPG di seluruh dunia, di atas judul-judul seperti Uma Musume Pretty Derby dari Cygames dan Fate/Grand Order dari Aniplex .

Lima game RPG penghasil pendapatan teratas secara global selama periode ini semuanya telah diterbitkan oleh perusahaan di Asia, catat Sensor Tower.

Pengeluaran pemain dari game RPG Ni No Kuni: Cross Worlds dibagi secara merata, dengan App Store dan Google Play yang keduanya menghasilkan pangsa 50 persen.

BACA SELANJUTNYA

Exoborne Resmi Diumumkan, Game Tactical Open World Extraction Shooter dari Sharkmob