Jum'at, 03 Desember 2021
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 14 Juli 2021 | 16:30 WIB

Hitekno.com - Cyberpunk 2077 sempat memicu banyak kritik terutama setelah pengguna konsol menemukan banyak bug. Menghadirkan performa mengejutkan, Cyberpunk 2077 justru meroket menjadi game terlaris PS4 pada periode Juni 2021.

Kabar ini datang setelah Sony merilis data penjualan game selama Juni 2021 melalui blog resmi PlayStation. Cyberpunk 2077 memuncaki daftar game paling banyak diunduh pada Juni 2021 di PS4, sementara Clank: Rift Apart menempati peringkat pertama sebagai game terlaris di PS5.

Data yang dibagikan merupakan statistik penjualan pada pasar Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Dikutip dari Screenrant, Sony dengan cepat menghapus Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store setelah peluncuran penuh kritik pada Desember 2020.

Saat itu mereka mencatat bahwa game akan kembali setelah diperbaiki untuk versi konsolnya. Cyberpunk 2077 memang kembali ke PlayStation Store pada bulan lalu meski belum diperbaiki secara maksimal.

Sony bahkan memberikan peringatan pada versi digital game, dengan memberi tahu para pemain bahwa itu "tidak direkomendasikan" kecuali bagi mereka yang sudah memiliki PS4 Pro atau PS5.

10 game terlaris di PS4 periode Juni 2021. (PlayStation)

Namun entah bagaimana, Cyberpunk 2077 mengalahkan game seperti Grand Theft Auto V, FIFA 21, dan Black Ops Cold War di daftar penjualan PlayStation Store. Prestasi yang lebih mengejutkan lagi adalah Cyberpunk 2077 kembali ke PlayStation Store pada sepuluh hari terakhir Juni 2021.

Itu berarti game-game lain sebenarnya mempunyai lebih banyak waktu di Store dibandingkan Cyberpunk 2077. Jika masih ingat, petinggi CD Projekt Red pernah mengklaim bahwa perkembangan Cyberpunk 2077 sudah berada pada tingkat "memuaskan".

"Kami telah mencapai tingkat yang memuaskan dalam hal ini (stabilitas). CDPR telah bekerja pada efisiensi keseluruhan, yang juga cukup kami senangi. Tentu saja, kami juga menghapus bug dan gangguan, dan kami akan terus melakukannya. Seiring berjalannya waktu, kami akan memperkenalkan peningkatan pada sistem yang diperhatikan pemain," kata Adam Kicinski, CEO CDPR.

Cyberpunk 2077. (Twitter/@cyberpunkgame)

Laporan dari VNC, sebanyak 600 karyawan dari CDPR akan mengerjakan pembaruan untuk Cyberpunk 2077. Setelah enam bulan ditarik dari penjualan karena status peluncurannya yang bermasalah, game akhirnya kembali ke PlayStation Store pada Juni 2021.

Namun, Sony memperingatkan bahwa membeli game untuk konsol PS4 "tidak direkomendasikan". Mengalami penundaan berkali-kali, Cyberpunk 2077 seharusnya menjadi game RPG menarik di tahun lalu.

Meski mendapatkan review positif dari pengguna PC, Cyberpunk 2077 justru banyak dikritik mengenai bug dan glitch terutama oleh pemilik konsol Xbox One dan PS4.

Cukup menarik menantikan bagaimana data penjualan Cyberpunk 2027 pada Juli mendatang, apakah masih meroket seperti Juni atau malah terdapat kendala sehingga melorot kembali.

BACA SELANJUTNYA

Curhatan Gamer Cewek Dilarang Main Genshin Impact Oleh Ibu, Berujung Ramai